Facebook Siapkan Aplikasi Pesan Instan Anonim

Kompas.com - 09/10/2014, 09:02 WIB
|
EditorWicak Hidayat

 

KOMPAS.com - Kebijakan Facebook yang mewajibkan penggunanya menggunakan nama asli baru-baru ini banyak dikecam. Namun, nampaknya Facebook akan "membayar" kesalahannya melalui aplikasi pesan baru yang memungkinkan penggunanya tetap anonim, atau tidak dikenal.

Dikutip KompasTekno dari The New York Times (7/10/2014), Facebook sedang menyiapkan aplikasi mobile yang disebutnya memungkinkan pengguna berinteraksi tanpa harus menggunakan nama asli mereka.

Menurut sumber internal Facebook kepada The New York Times, aplikasi tersebut segera bisa dipakai dalam hitungan minggu saja.

Sebelumnya, Facebook terkenal ketat dalam hal kebijakan penggunanya. Mereka harus bisa memberikan alamat email yang bisa diverifikasi dan dipakai untuk login.

Namun dengan membolehkan penggunanya memakai akun anonim, maka Facebook seolah mengikuti tren yang sedang berkembang akhir-akhir ini, di mana layanan pesan instan atau jejaring sosial anonim kian banyak diadopsi.

Belum jelas bakal seperti apa aplikasi ini berimbas kepada penggunaan Facebook yang berbasis web. Saat ini Facebook telah memiliki aplikasi pesan instan yang terpisah dari aplikasi Facebook, yaitu Messenger. Namun Messenger masih mewajibkan penggunanya log in dengan akun Facebook mereka.

Apakah fitur anonim ini akan menjadi salah satu bagian dari Messenger atau sepenuhnya menjadi aplikasi yang baru juga belum bisa dipastikan. Perwakilan Facebook menolak untuk bekomentar tentang isu ini. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.