13 Oktober, Mark Zuckerberg Kunjungi Jakarta

Kompas.com - 10/10/2014, 15:49 WIB
Pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg Kimihiro Hoshino/AFPPendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com — Meski mempunyai jumlah pengguna Facebook yang cukup besar, Indonesia belum pernah didatangi oleh pendiri jejaring sosial tersebut, Mark Zuckerberg.

Untuk wilayah Asia, Zuckerberg baru pernah bertandang ke Vietnam. Itu pun bukan untuk urusan bisnis, melainkan berlibur dalam rangka hari Natal.

Nah, menurut kabar yang beredar, Zuckerberg akan berkunjung ke Indonesia setelah menghadiri acara Internet.org Summit di New Delhi, India, Kamis (9/10/2014).

Sumber tepercaya yang tak bersedia disebutkan namanya memastikan, Zuckerberg akan mengunjungi Indonesia terkait kampanye Internet.org pada Senin (13/10/2014).

"Ya benar, Mark Zuckerberg sendiri yang akan datang ke Jakarta," demikian menurut sumber tersebut kepada KompasTekno via telepon, Jumat (10/10/2014).

Facebook Indonesia sendiri sudah mengirimkan surat undangan ke KompasTekno untuk acara Internet.org Developer Workshop, yang akan diadakan di Jakarta, Senin (13/10/2014).

Zuckerberg akan menghadiri pembukaan acara untuk media dan developer lokal tersebut bersama petinggi Facebook lain, kemungkinan besar COO Facebook, Sheryl Sandberg.

Meski Facebook saat ini mulai tersaingi oleh platform lain, seperti Path, Twitter, dan aplikasi pesan instan, media sosial tersebut masih menjadi jejaring sosial terpopuler di Indonesia.

Jumlah pengguna aktif Facebook di Indonesia tiap bulannya mencapai 69 juta orang. "Saat ini, ada lebih dari 69 juta pengguna Facebook di Indonesia yang aktif tiap bulannya. Sebanyak 61 juta di antaranya berasal dari mobile gadget," kata Anand Tilak, Head of Facebook Indonesia, Senin (22/9/2014) di Jakarta.

Proyek Internet.org

Internet.org merupakan proyek yang diinisiasi Facebook dengan visi membuat semua orang di planet Bumi terhubung dengan koneksi internet. Zuckerberg menggandeng perusahaan teknologi lain untuk mendukung visi tersebut.

Internet.org didukung oleh perusahaan teknologi yang fokus pada industri perangkat mobile, seperti Ericsson, MediaTek, Opera Software, Samsung, Nokia, dan Qualcomm.

Internet.org akan menghadirkan "surga" internet alias internet cepat dengan teknologi andal dalam kompresi data dan akses yang murah untuk internet, serta ponsel pintar berkualitas tinggi.

Menurut data Internet.org, saat ini ada 2,7 miliar orang memiliki akses internet. Namun, lebih dari dua pertiga penduduk dunia tidak memiliki akses internet. Untuk itu, proyek Internet.org ingin membawa lima miliar orang terhubung dengan internet.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X