Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Pintar Google Now, Siri dan Cortana

Kompas.com - 11/10/2014, 17:24 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber BGR
Apple Siri

KOMPAS.com - Setiap platform smartphone yang beredar turut melengkapi diri dengan teknologi personal assistant. Siri menjadi andalan Apple, sementara Android memiliki Google Now dan Windows Phone baru-baru ini Windows Phone menyusul dengan Cortana.

Ketiga personal assistant tersebut antara lain dirancang untuk menjawab pertanyaan pengguna dengan secepat dan setepat mungkin.

Baik Siri, Google Now, maupun Cortana memiliki cara sendiri dalam melakukan hal ini. Ketiganya pun punya kemampuan yang berbeda-beda. Nah, dari mereka bertiga, personal assistant yang mana yang paling "pintar"?

Lembaga konsultasi Stone Temple Consulting coba menemukan jawabannya lewat sebuah eksperimen. Sebagaimana dilaporkan BGR, yang dikutip KompasTekno, Sabtu (11/10/2014), para penguji menyiapkan 3.086 buah pertanyaan untuk diajukan ke ketiga software asisten.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut sengaja dirancang untuk menemukan personal assistant mana yang memiliki pengetahuan paling luas untuk menjawab dengan benar dan lengkap.

www.stonetemple.com Grafik jumlah pertanyaan yang berhasil dijawab dengan benar dan lengkap oleh Google Now, Siri, dan Cortana dalam pengujian yang dilakukan Stone Temple Consulting

Dari sini ditemukan bahwa Google Now ternyata muncul di urutan teratas setelah menjawab sebagian besar pertanyan dengan komplit dan akurat.

Selisihnya, seperti tergambar dalam grafik di kiri, cukup kentara dengan Siri yang menempati urutan kedua dan Cortana di posisi ketiga.

Semua pertanyaan diajukan lewat perintah suara karena personal assistant bisa mengajukan jawaban berbeda ketika menerima input dalam bentuk teks yang diketik.

Eksperimen ini, menurut Stone Temple Consulting, hanya menunjukkan sejauh mana masing-masing personal assistant bisa menjawab pertanyaan dengan benar dan lengkap.

Hasil selengkapnya bisa dilihat lewat tautan berikut.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com