Kompas.com - 12/10/2014, 09:39 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com — Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, pagi ini mengunjungi kawasan wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Besok, Mark akan melanjutkan kunjungannya ke Jakarta untuk bertemu dengan developer di Indonesia.

Dalam akun Facebook resminya, Mark mengunggah foto sedang duduk santai di Candi Borobudur. Mark tampak sedang menikmati pemandangan matahari terbit dari atas candi.

Dalam postingan Facebook pagi ini, Minggu (12/10/2014), Mark menuliskan bahwa dirinya baru saja sampai di Indonesia dan mendaki Candi Borobudur untuk melihat matahari terbit (sunrise) .

Ia juga menuliskan bahwa besok ia akan menghadiri acara Internet.org Developer Workshop di Jakarta dan akan bertemu dengan para developer dan operator lokal.

Kegiatan di Jakarta itu dimaksudkan untuk memberi wawasan dan kemampuan pengembang aplikasi di Indonesia agar bisa menggunakan jaringan secara efisien dan membuat aplikasi yang dioptimalkan untuk kondisi jaringan di negara-negara berkembang. Internet.org Developer Workshop adalah kerja sama antara Facebook, Ericsson, dan XL Axiata.

Kunjungan Zuckerberg ke Indonesia ini merupakan rangkaian kegiatannya setelah sebelumnya ia berkunjung ke India.

Di India, Zuckerberg bertemu Menteri Telekomunikasi Ravi Shankar. Menurut Indiatimes, pertemuan ini untuk membahas penggunaan teknologi alternatif untuk meluaskan akses internet.

"Ada sekitar 2,7 miliar orang (di dunia) yang memiliki akses internet, tetapi itu hanya sepertiga dari semua umat manusia. Hampir 4,5 miliar orang tak menggunakan internet," demikian komentar Zuckerberg ketika itu.

Di Indonesia sendiri, pengguna jejaring sosial Facebook menurut Head of Facebook Indonesia Anand Tilak saat ini ada sekitar 69 juta.

"Saat ini, ada lebih dari 69 juta pengguna Facebook di Indonesia yang aktif tiap bulannya. Sebanyak 61 juta di antaranya berasal dari mobile gadget," ujar Anand dalam sebuah kesempatan acara di Jakarta, Senin (22/9/2014).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.