Kompas.com - 13/10/2014, 15:03 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com — Hari ini, Senin (13/10/2014), Mark Zuckerberg bertandang ke Jakarta dalam rangka workshop efisiensi penggunaan data dan jaringan oleh aplikasi. Sebelumnya, pendiri Facebook itu bertatap muka dengan presiden terpilih Joko Widodo di Balaikota DKI Jakarta.

Zuckerberg pun sempat mengomentari sepak terjang Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi di media sosial.

"Presiden terpilih (Jokowi) adalah salah satu contoh bagus dalam penggunaan internet. Dia berhasil memakai media sosial dalam berkomunikasi langsung dengan masyarakat," ujar Zuckerberg kepada KompasTekno dalam sesi tanya jawab workshop di Hotel Four Seasons, Jakarta.

Jokowi memang dikenal giat memanfaatkan media sosial, seperti Facebook dan Twitter, dalam masa kampanye Pemilu Presiden 2014.

Zuckerberg mengaitkan penggunaan media sosial oleh Jokowi dengan pengalamannya mengunjungi Kampung Cyber di Yogyakarta, Minggu (12/10/2014) kemarin.

Di sana, Zuckerberg menuturkan bahwa ia melihat para warga kampung memakai media sosial untuk keperluan yang mirip, seperti melakukan sosialisasi jadwal kegiatan rukun tetangga (RT) dan lain sebagainya.

"Hati saya tergerak melihat orang-orang itu menggunakan media sosial dan internet untuk mengomunikasikan kegiatan mereka," ujar Zuckerberg lagi.

Kunjungan ke Indonesia ini adalah yang pertama kali bagi Zuckerberg. Dia bertandang dalam rangka Internet.org Asia Tour. Sebelumnya, Zuckerberg telah lebih dulu mampir di India.

Internet.org berfokus memperluas kesempatan akses internet bagi semua orang melalui efisiensi penggunaan data dan jaringan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.