Kompas.com - 13/10/2014, 16:07 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Google memiliki aplikasi pesan isntan yang selama ini telah terpasang di semua smartphone Android lisensinya, yaitu Google Hangouts. Kini, Google juga menyediakan platform pesan instan itu untuk pengguna desktop.

Aplikasi pesan instan Google bagi pengguna desktop tersebut diberi nama Hangouts Chrome. Google mengumumkan ketersediaan aplikasi itu dalam postingan di blog resminya pada Kamis (9/10/2014).

Ide membawa Hangouts ke dalam versi desktop adalah agar pengguna tidak bolak-balik mengecek layar smartphone saat mereka sedang beraktivitas di depan komputer.

Kemungkinan, Google ingin mencoba bersaing dengan Skype yang kini dimiliki oleh Microsoft. Baru-baru ini, Skype juga memperkenalkan tampilan baru halaman aplikasinya.

Sementara untuk Hangouts Chrome, tampilannya memiliki daftar kontak, percakapan, dan lain sebagainya yang diletakkan di sisi tepi kanan layar komputer. Hangouts Chrome versi desktop juga bisa tersinkronisasi dengan semua perangkat yang memiliki Hangouts.

Walau Hangouts Chrome hadir sebagai aplikasi tambahan di browser Chrome, namun Google membuat aplikasi tersebut bekerja secara terpisah dari browser. Dengan demikian, pengguna tidak harus membuka browser untuk menggunakan layanan Hangouts Chrome.

Fitur panggilan suara dan video juga diberikan oleh Google. Pengguna kini bisa menelepon semua nomor telepon di dunia dari desktop melalui fitur Hangouts dialer.

Aplikasi Hangouts Chrome bisa dicoba dengan mengunduhnya melalui Chrome Web Store di tautan berikut ini. Aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.