Kompas.com - 13/10/2014, 16:44 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com — Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, bertandang ke Indonesia sebagai bagian dari tur Internet.org Asia Tour. Senin (13/10/2014), pemuda 30 tahun ini hadir dalam lokakarya pembuatan efisiensi kinerja aplikasi dan jaringan di Hotel Four Seasons, Jakarta.

Sebelumnya, Zuckerberg sempat bertemu muka dengan presiden terpilih Joko Widodo di Balaikota DKI Jakarta. Dia menuturkan bahwa ada kesamaan visi soal internet, antara dirinya dan pria yang akrab disapa Jokowi ini.

"Kami melihat bahwa ada hambatan teknis, ekonomi, dan sosial terhadap akses internet," kata Zuckerberg saat berbicara dengan awak media di Jakarta, yang ikut dihadiri KompasTekno.

"Secara umum, ada pandangan yang sama (dengan Jokowi) bahwa dengan terhubungnya setiap orang dan bisnis di Indonesia ke internet, maka jalannya bisnis akan semakin efisien sehingga meningkatkan perekonomian Indonesia," tambah Zuckerberg.

Peningkatan perekonomian lewat akses internet, menurut Zuckerberg, adalah sesuatu yang sering kali luput dari perhatian. "Ada banyak perdebatan mengenai cara menghubungkan orang-orang ke internet. Namun, pembicaraan kami pada pagi ini lebih berfokus pada kesempatan yang ada dengan penyediaan akses internet," imbuh dia.

Adapun hambatan teknis dan ekonomis yang dimaksud Zuckerberg adalah efisiensi penggunaan data di jaringan internet Indonesia yang dinilai belum maksimal.

Menurut dia, hal ini berbeda dari negara berkembang lain, seperti India. Menurut dia, salah satu kendala terbesar di India adalah keragaman bahasa yang sangat banyak. Oleh karena itu, fokus Internet.org dalam memperluas akses internet di India adalah menciptakan layanan online yang bisa dimengerti oleh masyarakat di berbagai daerah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.