Awas, Virus Baru di Android Bisa Kuras Pulsa - Kompas.com

Awas, Virus Baru di Android Bisa Kuras Pulsa

Kompas.com - 14/10/2014, 09:47 WIB
techsru.com
Ilustrasi malware

 

KOMPAS.com - Sebuah virus digital (worm) jenis baru dilaporkan mengincar kelemahan sistem operasi di ponsel pintar. Jika terinfeksi oleh worm ini, smartphone bisa secara otomatis mengirim SMS yang berisi tautan berbahaya ke nomor kontak yang tersimpan di dalam smartphone.

Worm yang diberi nama "Selfmite.b" ini menjadi suksesor Selfmite.a yang dahulu sempat menyebar melalui file APK Android.

Dikutip KompasTekno dari situs Phone Arena (10/10/2014), Selfmite.b ini bisa mengirim SMS ke semua daftar kontak dalam ponsel secara otomatis tanpa diketahu pengguna. Lebih pintar ketimbang "Selfmite.a" yang hanya bisa memerintahkan smartphone mengirim SMS ke 20 kontak dalam smartphone.

Selfmite.a dahulu bekerja dengan mengirim SMS yang berisi tautan URL yang telah diperpendek, yang jika diklik akan membuat penerima SMS meng-install App Store pihak ketiga, seperti Mobogenie. Beruntung, para peneliti keamanan berhasil mengatasi penyebaran Selfmite.a sebelum berkembang biak secara ganas.

Namun kini, worm baru Selfmite.b bekerja dengan mengirim tautan ke sebuah situs web yang selain berbahaya, juga dilakukan berulang-ulang hingga bisa menguras pulsa telepon.

Selain itu, Selfmite.b kini juga tak hanya mengancam pengguna Android saja, melainkan juga pengguna platform iOS. Worm itu akan mengirim URL situs web yang berbahaya dan tidak diinginkan pengguna, tak peduli sistem operasi apa yang dipakai oleh perangkat milik penerima SMS.

Menurut Denis Maslennikov, seorang analis keamanan dari firma AdaptiveMobile, Selfmite.b telah mengirim 150.000 pesan selama kurun 10 hari dari 100 perangkat yang telah terinfeksi.

"Jumlah tersebut meningkat seratus kali lebih banyak jika dibandingkan dengan trafik yang dihasilkan oleh Selfmite.a," demikian terang Maslennikov.

Saat ini, kasus Selfmite.b telah diketemukan di negara-negara seperti Kanada, Tiongkok, Kosta Rika, Ghana, India, Irak, Jamaika, Meksiko, Maroko, Puerto Rico, Rusia, Sudan, Siria, Amerika Serikat, Venezuela, dan Vietnam.

Sebagai tindakan pencegahan, pastikan selalu mengunduh file APK dari sumber yang terpercaya, seperrti Google Play Store.


EditorReza Wahyudi

Close Ads X