Kompas.com - 14/10/2014, 11:11 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com — Hari Minggu lalu, Mark Zuckerberg untuk kali pertama menginjakkan kaki di Indonesia. Pendiri sekaligus CEO Facebook ini sempat berkeliling ke beberapa tempat di Indonesia dan bertemu dengan beberapa tokoh, termasuk presiden terpilih Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi, Senin (13/10/2014) pagi.

"Beliau (Jokowi) sempat bertanya mengenai keistimewaan Indonesia bagi Facebook," kata Zuckerberg mengenai perjumpaan dengan Jokowi yang berlangsung di Balaikota DKI Jakarta itu.

Ditanya demikian, Zuckerberg teringat kembali pengalaman singgah di Kampung Cyber, Taman Sari, Yogyakarta, sehari sebelumnya.

Di sana, Zuckerberg mengaku terkesan dengan hal-hal yang dia lihat, misalnya soal penerapan internet dan Facebook sebagai media warga secara swadaya.

"Ada banyak budaya dan inovasi dari Indonesia yang bisa dibagi dengan orang-orang lain dari berbagai belahan dunia," katanya.

Namun sayang, menurut Zuckerberg, kesenjangan konektivitas internet masih terjadi di Indonesia, terutama melalui jaringan seluler, karena hambatan biaya untuk memperoleh paket data mobile. "Padahal, ada banyak peluang yang bisa didapatkan dari akses internet itu," katanya.

Facebook, melalui wadah Internet.org yang turut mencakup enam perusahaan lain, pun berusaha mendorong efisiensi penggunaan data seluler di Indonesia. Caranya dengan mengoptimalkan jaringan dan membuat aplikasi yang mampu menggunakan bandwidth internet dengan lebih hemat.

Dengan begitu, biaya akses internet diharapkan akan menurun dan menutup kesenjangan konektivitas antar-pengguna internet mobile di Indonesia yang 75 persen di antaranya masih bergantung pada jaringan 2G GSM/ EDGE, menurut data dari Internet.org.

"Pada akhirnya, koneksi internet ini amat penting, bukan hanya untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia, melainkan juga bagi iklim budaya dan inovasi di seluruh dunia," tutup Zuckerberg.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.