Domain .id Paling "Cepat" se-Asia Pasifik

Kompas.com - 14/10/2014, 12:43 WIB
Domain .id Aditya Panji/KompasTeknoDomain .id
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Lembaga pengelola nama domain internet Asia Pacifik (APTLD) mencatat nama domain internet .ID (dot ID) sebagai domain yang paling berkembang di Asia-Pasifik pada periode September 2014.

Selama September, domain .ID tercatat mengalami pertumbuhan sebesar empat persen. Di posisi berikutnya ditempati domain .IR (Iran) dengan pertumbuhan 2,3 persen dan .MY (Malaysia) sebesar 2,2 persen.

Dari sisi jumlah, .CN (Tiongkok) masih tercatat sebagai nama domain yang paling banyak tumbuh. Selama September 2014, tercatat 140.000 nama domain .CN baru didaftarkan. Namun dari persentase, .CN hanya mengalami pertumbuhan sebanyak 1,3 persen.

Ketua Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) Bidang Sosialisasi dan Komunikasi, Sigit Widodo, mengungkapkan, kenaikan yang cukup tinggi terjadi karena animo yang tinggi pada domain apapun.ID. “Sejak diluncurkan 17 Agustus kemarin, sudah lebih dari 6.000 domain .ID didaftarkan,” ungkap Sigit.

Domain "apapun.ID" saat ini tercatat sebagai domain .ID terbanyak nomor empat setelah co.id, web.id, dan sch.id. “Melihat perkembangannya, domain "apapun.ID" akan naik ke posisi kedua dalam waktu kurang dari satu tahun,” kata Sigit.

“Ini sesuai dengan tren di negara-negara lain. Domain tingkat tinggi biasanya ada di peringkat pertama atau kedua setelah nama domain tingkat dua untuk komersial. Jadi dalam waktu singkat tampaknya "apapun.ID" akan jadi domain kedua terbanyak setelah co.id dan mungkin menjadi peringkat pertama dalam dua-tiga tahun mendatang,” tambah Sigit lagi.

Sigit mengatakan, secara umum domain .ID tumbuh cukup pesat dalam tiga tahun terakhir. Dibandingkan tahun 2011, jumlah domain .ID saat ini telah meningkat dua kali lipat.

“Masyarakat tampaknya semakin memahami manfaat menggunakan nama domain .ID. Walaupun masih ada yang mengatakan daftar domain .ID ribet karena harus melampirkan identitas, sudah banyak yang memahami bahwa hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan penggunaan domain tersebut,” ujar Sigit.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X