Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Dropbox, Ganti "Password" Sekarang!

Kompas.com - 14/10/2014, 13:14 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Ilustrasi pencurian data di Internet

KOMPAS.com — Pengguna layanan cloud storage Dropbox disarankan mengganti password setelah muncul informasi bahwa layanan itu diretas sehingga membocorkan jutaan nama akun dan password.

Sebagaimana dilaporkan oleh The Next Web, Selasa (14/10/2014), kabar ini pertama kali mengemuka di forum online Reddit, di mana sebuah thread memberikan tautan ke empat file di Pastebin.

Dalam empat file berupa plain text itu tertulis sekitar 420 username dan password pengguna Dropbox.

Pengunggah file tersebut mengatakan bahwa ia memiliki username dan password dari hampir 7 juta pengguna Dropbox yang akan menyusul dipublikasikan. Dengan kata lain, jutaan akun Dropbox terancam dibobol.

Pihak Dropbox sendiri membantah layanannya telah menjadi korban peretasan.

"Dropbox tidak diretas. Username dan password tersebut dicuri dari layanan lain, lalu dipakai untuk login ke akun Dropbox. Sebelumnya kami telah mendeteksi serangan ini, mayoritas password yang di-posting pun sudah kedaluwarsa. Demikian juga dengan password lain yang juga sudah kedaluwarsa," tulis Dropbox dalam sebuah pernyataan.

Meski disebut telah "kedaluwarsa", sejumlah pengguna di Reddit menyebutkan berhasil masuk ke akun pengguna Dropbox lewat username dan password yang dibocorkan.

Dropbox dalam hal ini telah bertindak cepat, tetapi para pengguna yang memakai password sama untuk layanan lain diimbau agar turut mengganti kata kunci tersebut. Disarankan juga agar mengaktifkan "two-step authentication" untuk menambah keamanan.

Kejadian yang menimpa Dropbox ini tak hanya merugikan reputasi layanan tersebut, tetapi juga citra industri cloud storage secara keseluruhan. Terlebih, belakangan banyak terjadi peristiwa serupa, seperti pencurian foto pribadi artis Hollywood dari layanan iCloud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com