Pakai Dropbox, Ganti "Password" Sekarang!

Kompas.com - 14/10/2014, 13:14 WIB
Ilustrasi pencurian data di Internet hackronomicon.comIlustrasi pencurian data di Internet
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi pencurian data di Internet

KOMPAS.com — Pengguna layanan cloud storage Dropbox disarankan mengganti password setelah muncul informasi bahwa layanan itu diretas sehingga membocorkan jutaan nama akun dan password.

Sebagaimana dilaporkan oleh The Next Web, Selasa (14/10/2014), kabar ini pertama kali mengemuka di forum online Reddit, di mana sebuah thread memberikan tautan ke empat file di Pastebin.

Dalam empat file berupa plain text itu tertulis sekitar 420 username dan password pengguna Dropbox.

Pengunggah file tersebut mengatakan bahwa ia memiliki username dan password dari hampir 7 juta pengguna Dropbox yang akan menyusul dipublikasikan. Dengan kata lain, jutaan akun Dropbox terancam dibobol.

Pihak Dropbox sendiri membantah layanannya telah menjadi korban peretasan.

"Dropbox tidak diretas. Username dan password tersebut dicuri dari layanan lain, lalu dipakai untuk login ke akun Dropbox. Sebelumnya kami telah mendeteksi serangan ini, mayoritas password yang di-posting pun sudah kedaluwarsa. Demikian juga dengan password lain yang juga sudah kedaluwarsa," tulis Dropbox dalam sebuah pernyataan.

Meski disebut telah "kedaluwarsa", sejumlah pengguna di Reddit menyebutkan berhasil masuk ke akun pengguna Dropbox lewat username dan password yang dibocorkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dropbox dalam hal ini telah bertindak cepat, tetapi para pengguna yang memakai password sama untuk layanan lain diimbau agar turut mengganti kata kunci tersebut. Disarankan juga agar mengaktifkan "two-step authentication" untuk menambah keamanan.

Kejadian yang menimpa Dropbox ini tak hanya merugikan reputasi layanan tersebut, tetapi juga citra industri cloud storage secara keseluruhan. Terlebih, belakangan banyak terjadi peristiwa serupa, seperti pencurian foto pribadi artis Hollywood dari layanan iCloud.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.