Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WiFi Samsung Bisa Kirim Video 1 GB dalam 3 Detik

Kompas.com - 15/10/2014, 10:17 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

 

KOMPAS.com - Samsung kembali menghadirkan inovasinya dalam teknologi informasi dengan memperkenalkan standar koneksi jaringan nirkabel Wi-Fi baru. Dengan koneksi baru ini, file video 1 GB, diklaim Samsung, bisa ditransfer hanya dalam tiga detik saja.

Standar Wi-Fi baru 60 GHz yang diperkenalkan Samsung, seperi dikutip KompasTekno dari Phone Arena (15/10/2014), memiliki kecepatan data 4,6 Gbps, atau 575 MB per detik.

Kecepatan itu sama dengan lima kali kecepatan rata-rata koneksi Wi-Fi standar yang ada saat ini, yaitu sekitar 866 Mbps, atau 108 MB per detik.

Dalam teknologi WiFi barunya itu, Samsung mengklaim telah berhasil mengatasi kendala interferensi co-channel yang terjadi, tak peduli berapa perangkat yang sedang terhubung secara bersamaan.

"Samsung berhasil menembus batas dan menciptakan teknologi WiFi dengan pita 60 GHz, kami berencana untuk mulai mengkomersilkan teknologi ini," demikian ujar Kim Chang Yong, pejabat dari Samsung Electronics,

Selain itu, teknologi 60 GHz yang dimiliki Samsung sebelumnya memiliki kelemahan dalam hal penetrasi sinyal yang lemah dan path loss, sehingga sinyal terlalu lemah untuk dipakai perangkat.

Namun, menurut Samsung, kendala tersebut berhasil diatasi dengan membuat desain sirkuit baru yang berbeda serta menggunakan apa yang disebut "beam forming antenna."

Menurut Samsung, pihaknya telah berhasil membuat metode yang memungkinkan beragam perangkat terhubung dengan satu jaringan secara simultan.

Samsung berharap jika teknologi ini sudah mulai tersedia, maka diharapkan akan menjadi standar Wi-Fi baru untuk telekomunikasi, bukan hanya untuk industri audio visual saja, namun juga perangkat medis dan perangkat Smart Home.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com