Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Project Katalis: Teknologi Dukung Pendidikan Anak Indonesia

Kompas.com - 15/10/2014, 11:56 WIB
KOMPAS.com - Project Katalis adalah sebuah platform untuk mempertemukan dan mendorong kolaborasi antara para pegiat gerakan sosial (social movement) dengan para developer aplikasi untuk menciptakan solusi teknologi yang bertujuan mendukung gerakan tersebut memiliki dampak yang lebih besar.

Program ini mengambil semangat Sumpah Pemuda yang bertujuan untuk mempersatukan pemuda untuk bergerak menuju Indonesia lebih baik.

Pendidikan adalah jalur menuju kesuksesan. Menjadi pintar dan terdidik adalah hak seluruh umat manusia, dimulai dengan membaca. Namun, hasil survei UNESCO menunjukkan bahwa Indonesia masih menjadi negara dengan minat baca masyarakat paling rendah di Asean.

Tahun 2012, UNESCO mencatat indeks minat baca di Indonesia baru mencapai 0,001. Artinya dalam setiap 1.000 orang, hanya ada satu orang yang punya minat membaca.

Budaya membaca yang memprihatinkan, menghambat terciptanya pendidikan berkualitas. Komunitas Jendela adalah komunitas sosial yang dibangun untuk bergerak di bidang pendidikan anak. Pertama didirikan pada tanggal 12 Maret 2011 di Yogyakarta, berangkat dari kegelisahan akan rendahnya minat baca masyarakat Indonesia.

Salah satu bentuk movement yang dilakukan oleh Komunitas Jendela adalah Gerakan Cinta Buku, Back To School, Belajar Sambil Bermain, dan Mengenal Sejarah Lewat Museum.

Baca juga di: http://ziliun.com/id/articles/komunitas-jendela-majukan-pendidikan-dengan-budaya-membaca

Agar kegiatan mereka berjalan lebih lancar, Komunitas Jendela ingin memiliki sebuah website yang memudahkan siapapun untuk memberikan partisipasi dan donasi dalam berbagai kategori. Bagaimana orang tergerak untuk menyumbangkan barang, tenaga, sampai dana secara menyenangkan dan interaktif.

Misalnya, sebuah laman di website dengan animasi interaktif yang fiturnya mendorong orang untuk berdonasi semudah beberapa kali klik. Mulai dari peralatan kelas, buku dan alat tulis, sampai mainan edukatif.

Mari dukung pendidikan anak Indonesia!

Tertarik untuk membantu gerakan-gerakan sosial dalam Project Katalis? Daftarkan diri Anda melalui katalis.ziliun.com.

KompasTekno merupakan rekanan media untuk Project Katalis. Dalam beberapa hari ke depan profil gerakan sosial dalam Project Katalis akan ditampilkan di KompasTekno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com