Project Katalis: Teknologi Dukung Pendidikan Anak Indonesia

Kompas.com - 15/10/2014, 11:56 WIB
Screenshot situs Komunitas Jendela ScreenshotScreenshot situs Komunitas Jendela
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Project Katalis adalah sebuah platform untuk mempertemukan dan mendorong kolaborasi antara para pegiat gerakan sosial (social movement) dengan para developer aplikasi untuk menciptakan solusi teknologi yang bertujuan mendukung gerakan tersebut memiliki dampak yang lebih besar.

Program ini mengambil semangat Sumpah Pemuda yang bertujuan untuk mempersatukan pemuda untuk bergerak menuju Indonesia lebih baik.

Pendidikan adalah jalur menuju kesuksesan. Menjadi pintar dan terdidik adalah hak seluruh umat manusia, dimulai dengan membaca. Namun, hasil survei UNESCO menunjukkan bahwa Indonesia masih menjadi negara dengan minat baca masyarakat paling rendah di Asean.

Tahun 2012, UNESCO mencatat indeks minat baca di Indonesia baru mencapai 0,001. Artinya dalam setiap 1.000 orang, hanya ada satu orang yang punya minat membaca.

Budaya membaca yang memprihatinkan, menghambat terciptanya pendidikan berkualitas. Komunitas Jendela adalah komunitas sosial yang dibangun untuk bergerak di bidang pendidikan anak. Pertama didirikan pada tanggal 12 Maret 2011 di Yogyakarta, berangkat dari kegelisahan akan rendahnya minat baca masyarakat Indonesia.

Salah satu bentuk movement yang dilakukan oleh Komunitas Jendela adalah Gerakan Cinta Buku, Back To School, Belajar Sambil Bermain, dan Mengenal Sejarah Lewat Museum.

Baca juga di: http://ziliun.com/id/articles/komunitas-jendela-majukan-pendidikan-dengan-budaya-membaca

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agar kegiatan mereka berjalan lebih lancar, Komunitas Jendela ingin memiliki sebuah website yang memudahkan siapapun untuk memberikan partisipasi dan donasi dalam berbagai kategori. Bagaimana orang tergerak untuk menyumbangkan barang, tenaga, sampai dana secara menyenangkan dan interaktif.

Misalnya, sebuah laman di website dengan animasi interaktif yang fiturnya mendorong orang untuk berdonasi semudah beberapa kali klik. Mulai dari peralatan kelas, buku dan alat tulis, sampai mainan edukatif.

Mari dukung pendidikan anak Indonesia!

Tertarik untuk membantu gerakan-gerakan sosial dalam Project Katalis? Daftarkan diri Anda melalui katalis.ziliun.com.

KompasTekno merupakan rekanan media untuk Project Katalis. Dalam beberapa hari ke depan profil gerakan sosial dalam Project Katalis akan ditampilkan di KompasTekno.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.