Project Katalis: Semangat Berkebun dalam Media Sosial

Kompas.com - 16/10/2014, 12:55 WIB
Screenshot situs Indonesia Berkebun ScreenshotScreenshot situs Indonesia Berkebun
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Project Katalis adalah sebuah platform untuk mempertemukan dan mendorong kolaborasi antara para pegiat gerakan sosial (social movement) dengan para developer aplikasi untuk menciptakan solusi teknologi yang bertujuan mendukung gerakan tersebut memiliki dampak yang lebih besar.

Program ini mengambil semangat Sumpah Pemuda yang bertujuan untuk mempersatukan pemuda untuk bergerak menuju Indonesia lebih baik.

Profesi petani kental dengan nuansa pedesaan. Meski begitu, tentu tidak ada salahnya apabila warga kota juga belajar bertani. Terlebih lagi, tidak sedikit lahan tidur atau terlantar di kawasan perkotaan yang seharusnya menjadi lahan hijau dan produktif.

Ide urban farming pun mencuat hingga terbentuk gerakan Indonesia Berkebun. Komunitas yang eksis di media sosial ini mengkampanyekan urban farming atau bertani di area perkotaan. Lahan tidur yang ada ditanami dengan tanaman-tanaman yang dapat dikonsumsi oleh warga kota.

Baca lebih lanjut di: http://ziliun.com/id/articles/kibarkan-semangat-urban-farming-dengan-indonesia-berkebun

Semangat positif Indonesia Berkebun telah membuat banyak orang lebih peduli kepada lingkungan dan perkotaan dengan program urban farming.

Indonesia Berkebun mempunyai cita-cita untuk membuat sebuah aplikasi untuk berdiskusi mengenai urban farming, seperti diskusi tentang teknik menanam, merawat, memanen tanaman tertentu, pupuk, dan metode-metode menanam yang lebih mutakhir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, pengguna aplikasi bisa berbagi video, foto, dan kegiatan berkebun mereka dengan teman-teman sesama pelaku urban farming.

Intinya, aplikasi media sosial untuk urban farmer yang membuat semakin banyak orang tertarik untuk berkebun. Kebayang nggak?

Kalau kamu suka dan percaya dengan visi-misi Indonesia Berkebun, yuk kirim ide aplikasi kamu ke Project Katalis!

Tertarik untuk membantu gerakan-gerakan sosial dalam Project Katalis? Daftarkan diri Anda melalui katalis.ziliun.com.

KompasTekno merupakan rekanan media untuk Project Katalis. Dalam beberapa hari ke depan profil gerakan sosial dalam Project Katalis akan ditampilkan di KompasTekno.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.