Wajah Jokowi di Majalah "Time" Bikin Heboh Medsos

Kompas.com - 16/10/2014, 12:58 WIB
Potongan cover majalah Time yang memuat foto Jokowi TimePotongan cover majalah Time yang memuat foto Jokowi
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Majalah Time bakal memuat foto presiden terpilih Joko Widodo sebagai sampul (cover) dengan judul headline berbunyi, "A New Hope" atau "Sebuah Harapan Baru".

Hal tersebut tak pelak menimbulkan kehebohan di kalangan pengguna media sosial Indonesia. Banyak orang yang sibuk berbagi gambar sampul berisi foto mantan Wali Kota Solo yang akrab disapa Jokowi itu. Berbagai komentar di Twitter, Facebook, dan Path pun ikut terlontar.

"Cover TIME minggu ini, Jokowi: A New Hope. Cover TIME minggu depan, Prabowo: The Empire Strikes Back," demikian cuit seorang pengguna Twitter bernama @kamentrader, mengacu pada pemilihan headline yang mirip dengan judul film pertama pada trilogi Star Wars Original.

Sutradara film, Joko Anwar, pun ikut menuliskan cuitan di akun Twitter-nya, "Presiden kita yang ketujuh. I belive in him," sambil menyertakan foto cover Time edisi Jokowi.

Beberapa netizen ada yang secara khusus menanggapi wajah Jokowi. "Aku kok merinding ya lihat Jokowi di sampul muka majalah TIME," cuit Aisyah Hilal. Ada juga yang mencuitkan senang dengan foto Jokowi tersebut karena menampilkan sosok Jokowi yang tulus dan jujur.

Di Facebook, seorang pengguna mengomentari wajah Jokowi terlihat lebih tua dan kelihatan tambah banyak rambut putihnya ketimbang saat menjadi gubernur DKI. Sementara itu, di Path, seorang pengguna membagikan cover Time ini sambil menulis, "Harapan bagi orang tampang ndeso yang bercita2 jadi Presiden."

Cover Time dimaksud memang menampilkan close-up wajah Jokowi. Dalam foto jepretan Adam Ferguson itu, tatapan mata Jokowi yang lurus ke arah depan dan raut muka yang dibuat agak kaku menyiratkan ketegasan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Indonesia adalah negara dengan populasi terbesar keempat di dunia, sebuah negeri demokrasi dengan sumber daya alam yang kaya," tulis Time dalam pengantar artikel mengenai Jokowi.
"Negara ini baru saja memilih presiden baru, silakan berkenalan dengan Joko Widodo."

@TIME/ Twitter Gambar cover majalah Time yang diunggah akun @TIME di Twitter
Time mengisahkan kesederhanaan Jokowi lewat cerita sebuah penerbangan ke Kota Solo. Seusai memesan secangkir susu dari pramugari, Jokowi tertidur sambil bersender ke jendela pesawat.

Seorang gadis cilik berumur 5 tahun yang kebetulan lewat di dekat bangku Jokowi di kelas ekonomi terkejut mendapati dirinya ternyata satu pesawat dengan sang presiden terpilih.

"Itu Pak Jokowi!" ujarnya girang sambil menunjuk Jokowi yang sedang terlelap. "Dia di pesawat bersama saya."

Majalah Time dengan cover Jokowi akan beredar pada 27 Oktober 2014, atau seminggu setelah pelantikan Jokowi sebagai presiden ke-7 Indonesia pada Senin, 20 Oktober 2014.

Baca juga:
Jokowi di Majalah Time Dikaitkan dengan "Star Wars"



Sumber Time

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.