Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo Bikin Perusahaan Baru untuk Saingi Xiaomi

Kompas.com - 17/10/2014, 10:15 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber CNET
KOMPAS.com - Lenovo mulai serius menggarap bisnis perangkat smart dan Internet. Perusahaan yang terkenal akan prdouk-produk laptopnya itu akan membuat divisi khusus yang fokus pada perangkat pintar mulai tahun depan.

Dikutip KompasTekno dari keterangan tertulis di situs resmi Lenovo (15/10/2014), perusahaan baru Lenovo itu akan memiliki nama dan brand yang berbeda. Perusahaan tersebut akan dipimpin oleh Presiden Lenovo China and Asia Pasific and Emerging Markets, Chen Xudong.

Seperti halnya Xiaomi, vendor Tiongkok yang sukses dengan perangkat Redmi 1S nya di Indonesia, perusahaan baru Lenovo tersebut nantinya akan menjual smartphone dan tablet-nya hanya melalui penjualan online di internet.

Dengan demikian, Lenovo berharap bisa menghemat biaya pengiriman dan distributor.

Walau demikian, dikutip dari CNET (15/10/2014), langkah Lenovo itu disebut oleh analis dari IDC, Bryan Ma akan cukup berat.

"Xiaomi itu bukan hanya menjual perangkat murah secara online, menciptakan pasar yang loyal dan setia akan menjadi tantangan Lenovo jika ingin meniru Xiaomi," ujar Bryan.

Dikatakan lebih lanjut, Xiaomi yang berasal dari perusahaan software juga memiliki kultur yang berbeda dengan Lenovo yang memiliki latar sebagai perusahaan hardware.

Lenovo bukan hanya satu-satunya perusahaan Tiongkok yang melakukan spin off agar fokus pada satu brand. Perusahaan besar lain seperti Huawei (Honor) dan ZTE (Nubia) juga telah melakukannya sebelumnya.

Perusahaan baru pecahan dari Lenovo itu ditargetkan mulai berjalan pada 1 April tahun 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com