Lenovo Bikin Perusahaan Baru untuk Saingi Xiaomi

Kompas.com - 17/10/2014, 10:15 WIB
Kantor Lenovo di Morrisville, North Carolina Kantor Lenovo di Morrisville, North Carolina
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Lenovo mulai serius menggarap bisnis perangkat smart dan Internet. Perusahaan yang terkenal akan prdouk-produk laptopnya itu akan membuat divisi khusus yang fokus pada perangkat pintar mulai tahun depan.

Dikutip KompasTekno dari keterangan tertulis di situs resmi Lenovo (15/10/2014), perusahaan baru Lenovo itu akan memiliki nama dan brand yang berbeda. Perusahaan tersebut akan dipimpin oleh Presiden Lenovo China and Asia Pasific and Emerging Markets, Chen Xudong.

Seperti halnya Xiaomi, vendor Tiongkok yang sukses dengan perangkat Redmi 1S nya di Indonesia, perusahaan baru Lenovo tersebut nantinya akan menjual smartphone dan tablet-nya hanya melalui penjualan online di internet.

Dengan demikian, Lenovo berharap bisa menghemat biaya pengiriman dan distributor.

Walau demikian, dikutip dari CNET (15/10/2014), langkah Lenovo itu disebut oleh analis dari IDC, Bryan Ma akan cukup berat.

"Xiaomi itu bukan hanya menjual perangkat murah secara online, menciptakan pasar yang loyal dan setia akan menjadi tantangan Lenovo jika ingin meniru Xiaomi," ujar Bryan.

Dikatakan lebih lanjut, Xiaomi yang berasal dari perusahaan software juga memiliki kultur yang berbeda dengan Lenovo yang memiliki latar sebagai perusahaan hardware.

Lenovo bukan hanya satu-satunya perusahaan Tiongkok yang melakukan spin off agar fokus pada satu brand. Perusahaan besar lain seperti Huawei (Honor) dan ZTE (Nubia) juga telah melakukannya sebelumnya.

Perusahaan baru pecahan dari Lenovo itu ditargetkan mulai berjalan pada 1 April tahun 2015.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNET
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X