Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Yogrt di Android, Cocok Dulu Baru Kenalan

Kompas.com - 17/10/2014, 10:20 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu lagi aplikasi pertemanan di platform Android yang dikembangkan khusus di Indonesia, yaitu Yogrt (dibaca Yogurt). Aplikasi yang dikembangkan oleh pengembang Kongko Digital dan Akasanet ini bertujuan untuk memperlancar perkenalan antar-penggunanya.

"Aplikasi Yogrt hadir untuk menggabungkan layanan pertemanan, chatting, dan game, sehingga makin mempermudah penggunanya untuk berkenalan," terang Jason Lim, Managing Director Kongko Digital.

Menurut Jason, tiga hal tersebut, yaitu pertemanan, chatting, dan game, adalah aplikasi yang paling disukai oleh pengguna mobile di Indonesia dengan umur 13 hingga 30 tahun, yang jumlahnya sangat tinggi.

"Segmentasi itulah yang ingin dibidik oleh Yogrt," demikian ujar Jason saat bertemu dengan KompasTekno, Senin (13/10/2014)

Yogrt yang baru diluncurkan di awal Oktober, merupakan hasil kerjasama dua pengembang, yaitu Akasanet di Indonesia dan Kongko Digital yang berpusat di Singapura.

Namun menurut Jason, aplikasi tersebut sepenuhnya dibuat dan dikembangkan berdasar hasil riset yang dilakukan di Indonesia. Hingga kini, aplikasi Yogrt sudah diunduh oleh lebih dari 10.000 pengguna dari toko aplikasi Google Play Store.

Setelah terpasang, pengguna bisa mendaftar atau cukup login dengan akun Facebook. Kemudian, setelah login, mereka bisa mengetahui siapa saja pengguna Yogrt yang ada di dekat mereka.

Pengguna lalu bisa mengajak berkenalan melalui game-game yang disediakan Yogrt, seperti teka-teki atau 7 match (tujuh kecocokan). Jika kecocokan antara keduanya cukup tinggi, mereka pun bisa berteman dan membuka akses ke fitur chatting antara keduanya.

"Jadi game yang sebelumnya dilakukan itu bisa menjadi pickup line untuk mereka saat ngobrol, mereka sudah tahu kecocokan satu sama lain, kenalan jadi lebih lancar," terang Dhea Sekararum, Research & Product Development Akasanet.

Cara pemasaran unik

Untuk memperkenalkan Yogrt di kalangan anak muda, Kongko Digital memiliki trik yang unik. Mereka akan mendatangi sejumlah tempat-tempat umum yang banyak dikunjungi anak muda untuk membagi-bagikan yogurt.

Namun, untuk mendapatkan sebotol yogurt, seseorang harus bisa menunjukkan aplikasi Yogrt di smartphone mereka. Dengan kata lain, pengguna harus meng-install aplikasi Yogrt terlebih dahulu jika ingin mendapat yogurt gratis.

Jason mengatakan, saat ini fokus Yogrt adalah memperbanyak jumlah pengguna terlebih dahulu. "Kami ingin fokus menambah pengguna, target kami adalah Yogrt dipasang di satu juta perangkat hingga enam bulan ke depan, setelah itu kami akan berpikir cara monetisasinya," terangnya.

Jason yakin Yogrt bisa bersaing dengan aplikasi-aplikasi sejenis, mengingat aplikasi pertemanan dan pesan instan sangat populer di Indonesia. Menurutnya, Yogrt memiliki tiga fitur andalan seperti disebut di atas yang bisa membedakannya dari aplikasi lain.

Yogrt sementara tersedia di platform Android, dan bisa diunduh melalui Google Play Store, atau tautan berikut ini. Versi iOS-nya akan diperkenalkan pada akhir tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com