Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soekarno-Hatta "Bangkit Lagi" lewat Mahardika

Kompas.com - 18/10/2014, 12:41 WIB
Wicak Hidayat

Penulis

ESSEN, KOMPAS.com — Game Mahardika adalah salah satu game Indonesia yang hadir dalam pameran internasional Spiel 14, di Essen, Jerman, (16-19 Oktober 2014).

Game dari jenis table top tersebut menampilkan perjuangan para pahlawan kemerdekaan Indonesia, seperti Soekarno, Hatta, Syahrir, dan lainnya.

Dalam game terbitan Manikmaya Games itu, pemain bisa berperan menjadi salah satu dari tujuh tokoh nasional: Soekarno, Hatta, Sudirman, Tan Malaka, Ki Hajar Dewantara, Sutan Syahrir, dan Danudirja Setiabudi.

Setiap tokoh akan memulai permainan di kota kelahiran tokoh tersebut, misalnya Padang untuk Tan Malaka, Semarang untuk Sudirman, atau Yogyakarta untuk Ki Hajar Dewantara.

Kemudian, tokoh-tokoh tersebut harus bekerja sama untuk menghalau serangan penjajah di kota-kota tertentu yang ada di Indonesia.

Meski demikian, game ini bukan sepenuhnya game perang. Perjuangan untuk kemerdekaan Indonesia diraih dengan gabungan antara perjuangan militer, diplomasi, dan pergerakan sosial. Demikian pula dengan Mahardika.

Wicak Hidayat/KompasTekno
Beberapa pengunjung, dari berbagai kewarganegaraan, sedang mencoba bermain game Mahardika di booth Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Essen Spiel '14, pameran table top games yang diadakan di Essen, 16-19 Oktober 2014.
Setiap pemain pada gilirannya bisa memilih untuk menggerakkan tokoh yang dikendalikannya ke kota tertentu untuk menghalau serangan pihak lawan. Pemain juga perlu meletakkan kartu misi yang menampilkan peristiwa bersejarah, seperti Sumpah Pemuda atau Indonesia Menggugat.

Setelah semua pemain melakukan aksi, pihak lawan akan kembali melakukan serangan. Serangan yang dihasilkan bisa meningkat, yang tertinggi adalah blokade, alias penguasaan total.

Inti dari permainan ini adalah kerja sama. Setiap pemain mau tidak mau harus berinteraksi dan bahkan berunding untuk mencapai tujuan yang sama, apalagi setiap tokoh kemudian memiliki kemampuan khusus yang bisa dimanfaatkan.

Wicak Hidayat/KompasTekno Beberapa komponen game Mahardika saat dipamerkan di Essen Spiel '14, 16-19 Oktober 2014.
Pelajarannya jelas. Semua tokoh kemerdekaan Indonesia pada masanya juga bahu-membahu untuk kemerdekaan Indonesia. Meskipun ada perbedaan di antara mereka, kerja sama tetap terjalin demi tujuan yang sama: Indonesia merdeka!

Lewat game ini, semangat perjuangan Soekarno, Hatta, Sjahrir, Tan Malaka, dan tokoh-tokoh pergerakan lainnya bisa bangkit kembali. Mungkin, ini bisa jadi motivasi untuk masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal sejarahnya lagi.

Game Mahardika merupakan karya Rio Fredericco, seorang pemuda asal Palembang yanng berdomisili di Bandung. Game itu saat ini masih berada dalam fase pre-launching. Game ini ditargetkan hadir di pasaran pada November 2014.

Selama ajang Essen Spiel '14, beberapa pihak internasional, mulai dari penerbit game hingga media massa, sudah mulai menyatakan ketertarikannya pada game tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com