Wikipedia Juga "Lantik" Jokowi Jadi Presiden RI - Kompas.com

Wikipedia Juga "Lantik" Jokowi Jadi Presiden RI

Kompas.com - 20/10/2014, 15:35 WIB
Wikipedia
Laman Wikipedia Joko Widodo.
JAKARTA, KOMPAS.com — Joko Widodo, yang akrab dipanggil Jokowi, resmi dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia, Senin (20/10/2014). Jokowi menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono yang telah menjadi presiden RI selama dua periode.

Sebagai ensiklopedia online terlengkap, Wikipedia juga telah "melantik" Jokowi menjadi presiden dengan memperbarui lamannya. Menurut pantauan KompasTekno, laman Wikipedia, baik yang berbahasa Inggris maupun Indonesia, telah mencantumkan jabatan Presiden RI untuk Jokowi.

Laman Wikipedia untuk biodata Jokowi yang beralamat di http://id.wikipedia.org/wiki/Joko_Widodo telah menambahkan kata-kata "Ir. H. Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi (lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961; umur 53 tahun) adalah Presiden Indonesia ke-7 periode 2014-2019".

Sementara itu, laman Wikipedia berbahasa Inggris yang beralamat di http://en.wikipedia.org/wiki/Joko_Widodo telah ditambahi kata-kata "Joko Widodo (born 21 June 1961) is an Indonesian politician who is currently the President of Indonesia".

Laman Wikipedia yang memuat biodata Jokowi tersebut berisi informasi lengkap sejarah hidup presiden ke-7 RI tersebut. Mulai dari masa kecil dan keluarga, kuliah, hingga kiprahnya di dunia politik.

Yang menarik, Jokowi ditampilkan berbeda di dua versi bahasa pada laman Wikipedia tersebut. Di Wikipedia Indonesia, sosok Jokowi ditampilkan dengan foto menggunakan jas resmi. Sementara itu, di Wikipedia berbahasa Inggris, Jokowi ditampilkan menggunakan baju adat Jawa, lengkap dengan blankon. Bahkan, di laman Wikipedia global tersebut terdapat foto Jokowi muda yang disebutkan sebagai dokumentasi tahun 1980.

Laman Wikipedia memang terkenal sangat cepat diperbarui bila terdapat perubahan data atau informasi. Ini berkat para editor dan relawan yang secara bersama-sama mengisi konten Wikipedia.


EditorReza Wahyudi

Close Ads X