Alasan Apple Ogah Bikin MacBook Layar Sentuh

Kompas.com - 21/10/2014, 11:35 WIB
Apple MacBook Air AppleApple MacBook Air
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Semenjak kemunculan Windows 8, para pabrikan PC seperti Dell, Asus, Lenovo, dan lain-lain seolah berlomba menelurkan produk dengan layar sentuh yang mendukung antarmuka sistem operasi tersebut.

Namun tak demikian halnya dengan Apple. Seri laptop MacBook dan komputer desktop iMac dari pabrikan pencipta iPhone ini hingga sekarang tak dilengkapi dengan layar sentuh (touchscreen).

Wakil presiden senior bidang teknis piranti lunak Apple, Craig Federighi, menerangkan sebabnya kepada Cnet usai acara Apple yang digelar minggu ini. “Sejujurnya, kami pikir (touchscreen) itu bukanlah antarmuka yang tepat,” ujar Federighi.

Dia menjelaskan bahwa komputer desktop atau laptop biasanya dipakai oleh pengguna sambil duduk menghadap meja. Dalam posisi ini, menggerakkan tangan berulang kali untuk menyentuh layar bakal terasa canggung dan tidak nyaman.

Berbeda halnya dengan tablet iPad atau ponsel iPhone yang menurut Federighi biasa digunakan dalam genggaman tangan dengan postur tubuh yang disebutnya “sangat rileks”.

Dia menambahkan bahwa ada metode input lain yang sebenarnya lebih cocok buat komputer laptop dan desktop, ketimbang layar sentuh.

“Kami fokus mengembangkan track pad terbaik yang kami bisa, sehingga membuat postur pengguna terasa rileks dan nyaman dalam memakai komputer,” kata Federighi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Tentu saja, selama ini kami juga bereksperimen dengan  teknologi antarmuka lain, tapi belum menemukan yang lebih cocok… kami tak tertarik membuatnya (komputer dengan touchscreen),” tambah dia.



Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.