Kompas.com - 23/10/2014, 10:17 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Galaxy Note 4 besutan Samsung tersebut selama ini mendapatkan pujian dalam hal kamera-nya. Ternyata, setelah dibongkar, rahasia di balik hasil foto yang detail dengan warna yang memuaskan itu adalah sensor buatan Sony.

Sensor kamera dengan resolusi 16 megapixel yang dipakai oleh Galaxy Note 4 setelah dibongkar adalah seri Sony IMX240. Sensor tersebut memiliki fitur auto-fokus yang cepat, serta teknologi phase-detection pixel dalam mengunci fokus dalam sensornya.

Sebelumnya, Samsung tidak banyak memberikan detail tentang kamera yang dipakai phablet 5,7 inci tersebut, seperti sensor berikut ukurannya. Perusahaan Korea itu hanya membocorkan spesifikasi resolusi kameranya saja.

Dilansir KompasTekno dari Phone Arena (21/10/2014), IMX240 dengan ukuran sensor 1/2,6 inci memang berukuran lebih besar, sekitar 15 persen, jika dibandingkan dengan kebanyakan sensor kamera yang dipakai oleh smartphone-smartphone saat ini, yaitu ukuran 1/3 inci. Pixel yang dikemas pun sedikit lebih kecil, yaitu ukuran 1,1 micron.

Sebelumnya, di lini smartphone Galaxy-nya, model S5 menjadi model pertama Samsung dengan sensor ISOCELL 16 megapixel yang dikembangkan oleh Samsung sendiri. Padahal lini smartphone Galaxy sebelumnya menggunakan sensor Sony.

Nampaknya, Samsung kurang puas dengan performa prosesor buatan mereka sendiri, lalu kembali menggunakan sensor buatan Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.