Kompas.com - 23/10/2014, 14:13 WIB
Aplikasi PhotoMath BGRAplikasi PhotoMath
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com — Semua orang pasti pernah mengalami pusingnya mengerjakan penghitungan matematika secara tertulis, entah dalam pekerjaan ataupun ketika di bangku sekolah.

Bagaimana jika ada aplikasi yang bisa menyelesaikan semua penghitungan tersebut secara otomatis? Itulah kemampuan yang ditawarkan oleh aplikasi bernama PhotoMath.

Sebagaimana dilaporkan oleh Engadget, PhotoMath menggunakan kamera ponsel untuk mendeteksi soal matematika lewat teknologi real time text recognition.

Pengguna pun cukup mengarahkan kamera pada smartphone ke soal matematika yang dikehendaki. PhotoMath akan menyelesaikan penghitungan dan menampilkan hasilnya di layar.

Angka yang disajikan bisa berupa hasil akhir saja, atau bisa pula dengan disertai penjabaran proses penghitungan keseluruhan hingga menuju hasil akhir tersebut.

PhotoMath sejauh ini bisa mengenali dan menyelesaikan soal pembagian, akar dan pangkat, hingga ekspresi aritmatika dasar dan penghitungan linear sederhana. Aplikasi tersebut sudah tersedia untuk platform iOS dan Windows Phone. Versi Android dijadwalkan menyusul pada awal tahun depan.

Penasaran? Simak aksi PhotoMath dalam video di bawah ini. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.