Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Artefak" Apple-1 Terjual Rp 10 Miliar

Kompas.com - 23/10/2014, 16:16 WIB
Salah satu komputer Apple pertama yang dibuat pada 1976 laku terjual 905.000 dollar AS atau Rp 10,8 miliar dalam lelang di New York, Amerika Serikat.

Rumah lelang Bonham menyebut peranti berjuluk Apple-1 itu sebagai artefak komputer paling mahal sejagat.

Komputer Apple-1 dibuat dari nol oleh Steve Wozniak di kamar adik perempuan mendiang Steve Jobs pada 1976. Wozniak dan Jobs merupakan dua pendiri Apple.

Semula, ketika hendak dijual, komputer kuno tersebut diperkirakan bakal laku 350.000 dollar AS hingga 400.000 dollar AS.

Namun, dugaan itu sirna ketika Museum Henry Ford di Dearborn, Negara Bagian Michigan, berani mengeluarkan uang 905.000 dollar AS.

Cassandra Hatton, pakar bidang lelang sains, mengatakan komputer Apple-1 yang dilelang dalam kondisi luar biasa bagus.

"Kami sangat gembira memecahkan rekor penjualan komputer kuno dan bahkan lebih gembira komputer itu menuju rumahnya yang baru di Museum Henry Ford," kata Hatton.

Komputer Apple-1 yang dilelang dilengkapi motherboard utuh, papan ketik, monitor merek Sanyo, pasokan tenaga yang dibuat khusus dan ditempatkan di kotak kayu, serta dua pemutar kaset.

Menurut rumah lelang Bonham, sebagaimana dikutip kantor berita AFP, Apple-1 yang dilelang merupakan satu dari 50 unit yang dibuat Wozniak pada musim panas 1976.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com