Kompas.com - 23/10/2014, 16:16 WIB
EditorReza Wahyudi
Salah satu komputer Apple pertama yang dibuat pada 1976 laku terjual 905.000 dollar AS atau Rp 10,8 miliar dalam lelang di New York, Amerika Serikat.

Rumah lelang Bonham menyebut peranti berjuluk Apple-1 itu sebagai artefak komputer paling mahal sejagat.

Komputer Apple-1 dibuat dari nol oleh Steve Wozniak di kamar adik perempuan mendiang Steve Jobs pada 1976. Wozniak dan Jobs merupakan dua pendiri Apple.

Semula, ketika hendak dijual, komputer kuno tersebut diperkirakan bakal laku 350.000 dollar AS hingga 400.000 dollar AS.

Namun, dugaan itu sirna ketika Museum Henry Ford di Dearborn, Negara Bagian Michigan, berani mengeluarkan uang 905.000 dollar AS.

Cassandra Hatton, pakar bidang lelang sains, mengatakan komputer Apple-1 yang dilelang dalam kondisi luar biasa bagus.

"Kami sangat gembira memecahkan rekor penjualan komputer kuno dan bahkan lebih gembira komputer itu menuju rumahnya yang baru di Museum Henry Ford," kata Hatton.

Komputer Apple-1 yang dilelang dilengkapi motherboard utuh, papan ketik, monitor merek Sanyo, pasokan tenaga yang dibuat khusus dan ditempatkan di kotak kayu, serta dua pemutar kaset.

Menurut rumah lelang Bonham, sebagaimana dikutip kantor berita AFP, Apple-1 yang dilelang merupakan satu dari 50 unit yang dibuat Wozniak pada musim panas 1976.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.