Indosat Gandeng Google untuk Peringatan Dini Tsunami

Kompas.com - 25/10/2014, 13:10 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Indosat telah mengumumkan kerjasamanya dengan Google untuk menghadirkan layanan Google Public Alert. Layanan peringatan dini tsunami dan gempa bumi ini dapat diakses melalui UMB dan SMS, baik di ponsel fitur maupun ponsel pintar.

Sebelumnya layanan peringatan dini tersebut tersedia di halaman Google Public Alerts dan layanan Google lainnya seperti Google Search, Google Maps dan Google Now. Informasi bencana yang disediakan oleh Google bersumber dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Lewat kerjasama itu, pelanggan Indosat dapat memperoleh update informasi bencana tsunami dan gempa bumi yang terjadi di Indonesia secara real time dengan mengakses *123*77#.

Setelah mengaktifkan layanan itu, peringatan akan dikirim langsung ke perangkat seluler pelanggan jika ada bencana di sekitar lokasi pelanggan.

"Semoga layanan ini dapat membantu masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah rawan bencana untuk mendapatkan informasi dini dan antisipasi yang bisa dilakukan," kata Prashant Gokarn, Chief Strategy & Planning Officer Indosat, dalam keterangan tertulis yang dikutip KompasTekno, Sabtu (25/10/2014).

Meryl Stone, pejabat layanan Google Crisis Response, menyebutkan ini adalah pertama kalinya Google bekerjasama dengan operator telekomunikasi untuk layanan Public Alert di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.