Ratusan Juta Foto "Twitpic" Batal Dihapus

Kompas.com - 28/10/2014, 11:32 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Logo Twitter.

KOMPAS.com - Hanya beberapa jam sebelum dijadwalkan tutup akhir minggu lalu, layanan image hosting Twitpic mengumumkan telah mencapai perjanjian akuisisi dengan Twitter. Jutaan foto yang tersimpan di Twitpic pun selamat, setidaknya untuk sekarang.

"Kami telah membuat perjanjian dengan Twitter untuk menyerahkan domain dan arsip foto Twitpic, foto dan tautan gambar tetap bisa diakses," tulis pendiri Twitpic Noah Everett dalam sebuah posting blog, Sabtu (26/10/2014).

Sebelumnya, bulan lalu Twitpic mengatakan bakal menutup layanan setelah terlibat dalam sengketa hukum dengan Twitter. Sekitar 800 juta foto yang tersimpan di layanan image hosting ini pun sempat terancam bakal lenyap.

Twitpic sendiri merupakan salah satu layanan image hosting pertama yang memungkinkan pengguna Twitter berbagi foto lewat tautan.

Pada awalnya Twitter memang tidak menyediakan cara untuk upload dan berbagi foto sehingga pengguna terpaksa mengunggah foto ke layanan hosting seperti Twitpic terlebih dahulu sebelum menyertakan tautan ke gambar bersangkutan dalam tweet.

Belakangan Twitter menerapkan fasilitas image sharing sendiri sehingga layanan macam Twitpic jadi kehilangan peran.

Kini, bersama dengan akuisisi oleh Twitter, Twitpic bakal berjalan dalam mode yang disebut Everett sebagai "read only". Layanan itu tak lagi menerima unggahan foto, tapi pengguna masih bisa mengakses dan mengunduh gambar-gambar yang tersimpan di dalamnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.