Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Juta Foto "Twitpic" Batal Dihapus

Kompas.com - 28/10/2014, 11:32 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge
Logo Twitter.

KOMPAS.com - Hanya beberapa jam sebelum dijadwalkan tutup akhir minggu lalu, layanan image hosting Twitpic mengumumkan telah mencapai perjanjian akuisisi dengan Twitter. Jutaan foto yang tersimpan di Twitpic pun selamat, setidaknya untuk sekarang.

"Kami telah membuat perjanjian dengan Twitter untuk menyerahkan domain dan arsip foto Twitpic, foto dan tautan gambar tetap bisa diakses," tulis pendiri Twitpic Noah Everett dalam sebuah posting blog, Sabtu (26/10/2014).

Sebelumnya, bulan lalu Twitpic mengatakan bakal menutup layanan setelah terlibat dalam sengketa hukum dengan Twitter. Sekitar 800 juta foto yang tersimpan di layanan image hosting ini pun sempat terancam bakal lenyap.

Twitpic sendiri merupakan salah satu layanan image hosting pertama yang memungkinkan pengguna Twitter berbagi foto lewat tautan.

Pada awalnya Twitter memang tidak menyediakan cara untuk upload dan berbagi foto sehingga pengguna terpaksa mengunggah foto ke layanan hosting seperti Twitpic terlebih dahulu sebelum menyertakan tautan ke gambar bersangkutan dalam tweet.

Belakangan Twitter menerapkan fasilitas image sharing sendiri sehingga layanan macam Twitpic jadi kehilangan peran.

Kini, bersama dengan akuisisi oleh Twitter, Twitpic bakal berjalan dalam mode yang disebut Everett sebagai "read only". Layanan itu tak lagi menerima unggahan foto, tapi pengguna masih bisa mengakses dan mengunduh gambar-gambar yang tersimpan di dalamnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com