Kompas.com - 29/10/2014, 11:09 WIB
CEO XL Axiata Hasnul Suhaimi dan Menkominfo Rudiantara dalam acara peresmian layanan 4G XL di Jakarta, Selasa (28/10/2014). Reska K. Nistanto/KOMPAS.comCEO XL Axiata Hasnul Suhaimi dan Menkominfo Rudiantara dalam acara peresmian layanan 4G XL di Jakarta, Selasa (28/10/2014).
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Operator telekomunikasi di Indonesia sudah semakin dekat menggelar layanan telekomunikasi generasi keempat (4G). Catatan pentingnya, taat pada aturan.

Soal ketaatan pada aturan itu disiratkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, yang turut hadir dalam peluncuran uji coba layanan 4G LTE oleh XL, Selasa (28/10/2014).

"Menkominfo mendukung uji coba teknologi oleh operator-operator, tapi harus dikoordinasikan dengan pemerintah, karena industri telko sangat regulated," demikian ujar Rudiantara.

Rudiantara juga menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada operator telekomunikasi di Indonesia yang beroleh izin menggelar layanan komersial 4G LTE Mobile.

Kegiatan peluncuran uji coba 4G LTE oleh XL itu memang sempat agak membingungkan. Dengan mencantumkan teks "Pertama di Indonesia, Real Mobile 4G LTE" di panggung wajar saja jika ada yang mengira ini adalah peluncuran komersial.

Namun, jika melakukan peluncuran layanan komersial tentu harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku. XL, misalnya, harus melewati proses sertifikasi perangkat dan uji laik operasi.

Dalam acara tersebut, pihak XL pun menegaskan bahwa yang dilakukannya sejauh ini adalah uji coba. Meskipun kata uji coba tak terpampang di panggung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Operator lain

Lalu, bagaimana dengan operator lain? Sejauh ini hampir semua operator pernah melakukan uji coba terbatas.

Uji coba terbatas juga pernah dilakukan Indosat. Misalnya, melalui kerjasama dengan Institut Teknologi Bandung dan ZTE, September 2011 lalu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.