Kompas.com - 30/10/2014, 10:30 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi Internet

KOMPAS.com - Banyak perdebatan yang mengemuka mengenai titik awal kelahiran internet. Apakah ia "lahir" pada saat adopsi TCP/IP ataukah ketika world wide web (www) mengemuka?

Satu hal yang pasti, titik monumental jaringan global itu terjadi pada 29 Oktober 1969.

Pada tanggal itu, 45 tahun lalu di Amerika Serikat, komputer SDS Sigma 7 milik universitas University of California Los Angeles (UCLA) berhasil mengirim pesan ke komputer SRI di Universitas Stanford yang terpisah jarak 560 km.

Sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari Gizmodo (30/10/2014), pesan yang bersangkutan dikirim lewat jaringan packet switching ARPANET yang pada kemudian hari bakal menjadi tulang punggung jaringan internet modern bersama TCP/ IP.

Bisa dikatakan bahwa pesan berupa teks tersebut merupakan yang pertama kali dikirim lewat (cikal bakal) jaringan internet.

Sebuah catatan event log menunjukkan bahwa pengiriman pesan historis itu dikirim oleh peneliti UCLA Bill Duvall kepada koleganya, Charley Kline dari Stanford, pada pukul 22.30 waktu setempat.

ist.
Plakat UCLA.

Asosiasi profesional teknologi Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) menyebut UCLA sebagai tempat kelahiran internet, sebagaimana dinyatakan oleh foto plakat di atas.

Tanggal 29 Oktober pun diperingati sebagai hari jadi Internet. Kini, 45 tahun setelah pesan pertama dikirim, jaringan global itu telah menjelma jadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan banyak orang. Selamat ulang tahun, Internet!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Gizmodo

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.