Kompas.com - 30/10/2014, 14:57 WIB
Beberapa peneliti untuk pertama kalinya mengirim pesan teks lewat ARPANET, jaringan packet switching pertama di dunia yang menjadi cikal bakal internet modern. ist.Beberapa peneliti untuk pertama kalinya mengirim pesan teks lewat ARPANET, jaringan packet switching pertama di dunia yang menjadi cikal bakal internet modern.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Tanggal 29 Oktober 1969, dua orang peneliti dari University of California Los Angeles (UCLA) dan Stanford University, AS, untuk pertama kalinya mengirim pesan teks lewat ARPANET, jaringan packet switching pertama di dunia yang menjadi cikal bakal internet modern.

Seperti dikutip Kompas Tekno dari Gizmodo (30/10/2014), pesan pertama yang hanya terdiri dari satu kata itu dikirim huruf demi huruf lewat komputer oleh Bill Duvall dari UCLA ke komputer lain milik koleganya, Charley Kline dari Stanford. Setiap mengirim satu huruf, Duvall dengan antusias langsung menelepon Kline.

"Apakah kamu sudah menerima huruf 'L'? " tanya Duvall soal huruf pertama yang dikirimnya. "Ya, sudah sampai," jawab Kline di ujung seberang. Duvall bergegas mengirim huruf kedua, yaitu "O". Huruf ini pun juga diterima oleh Kline.

Tapi tidak demikian halnya dengan huruf "G" yang dikirim pada giliran ketiga. Komputer Kline mengalami crash sebelum menerima huruf itu. Jadilah pesan pertama yang dikirim lewat internet hanya berbunyi "Lo".

Tadinya, Duvall berencana mengirim kata "Login". Setelah komputer bisa kembali online, kata "Login" pun terkirim sekitar satu jam setelahnya.

Empat puluh lima tahun setelah pengiriman kata pertama oleh Duvall dan Kline, internet yang tadinya hanya menghubungkan segelintir kampus di AS telah menjelma jadi jaringan global yang tak terpisahkan dari kehidupan banyak orang.

Dari sebuah pesan sederhana berbunyi "Login", internet pun berevolusi sehingga memungkinkan jutaan komputer yang tergabung di dalamnya berbagi aneka macam konten, mulai dari data, musik, hingga file video dengan resolusi tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selamat ulang tahun ke-45, internet!Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Gizmodo

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.