Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan CEO Apple Mau Mengaku Gay

Kompas.com - 31/10/2014, 08:33 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — "Selama ini saya tidak pernah menyangkal seksualitas saya, saya juga belum pernah menyatakannya di hadapan publik, sampai saat ini. Jadi biar saya perjelas: saya tidak malu menjadi seorang gay, dan saya rasa, menjadi gay adalah salah satu berkat yang Tuhan berikan kepada saya."

Demikian petikan esai 10 paragraf berjudul "Tim Cook Speaks Up" (atau Tim Cook Mengungkap Jati Dirinya) yang ditulis oleh CEO Apple Tim Cook sendiri dan dimuat di situs Bloomberg Businessweek, Kamis (30/10/2014).

Pernyataan Tim Cook tentang orientasi seksualnya yang menyukai sesama jenis itu ia mulai dengan cerita bagaimana ia selalu menjaga rahasia tentang jati dirinya itu selama ini dan fokus pada pengembangan produk Apple.

Menurut pengakuan Cook, dorongan untuk memublikasikan tentang orientasi seksualnya itu berasal dari pidato tokoh pejuang kesetaraan hak manusia, Dr Martin Luther King, yang berkata, "Pertanyaan utama dalam hidup adalah, 'Apa yang sudah kamu lakukan untuk orang lain?'."

Atas dasar perkataan itulah Cook merasa kehidupan pribadinya yang selama ini ia rahasiakan justru mengekangnya untuk berbuat lebih.

Ia menyadari bahwa dengan mengungkap jati dirinya, Cook justru sebenarnya bisa memberikan dukungan semangat kepada kaum penyuka sesama jenis lain.

"Jika dengan mengetahui bahwa CEO Apple adalah seorang gay bisa membantu seseorang lebih percaya diri tentang jati diri mereka, atau memberikan kenyamanan bagi yang merasa disingkirkan, atau menginspirasi orang lain untuk menuntut hak kesetaraan atas mereka, maka privasi yang saya korbankan tidaklah sia-sia," demikian tulis Cook.

Tim Cook juga menuliskan bahwa selama ini beberapa karyawan Apple sudah mengetahui bahwa ia adalah seorang gay, tetapi dalam keseharian mereka tidak memperlakukannya secara berbeda. Cook bersyukur bahwa lingkungan kerjanya itu ternyata bisa saling menghargai dan bisa menerima perbedaan.

Tentu saja, berterus terang tentang dirinya yang seorang gay bukanlah hal yang mudah bagi orang nomor satu di Apple itu. Namun, Cook menyatakan tetap berkomitmen untuk sebisa mungkin menjadi CEO yang terbaik bagi perusahaan yang ia pimpin.

Lebih lengkapnya, tulisan Tim Cook tentang pengakuan jati dirinya itu bisa dibaca melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com