35 Juta Pengguna Telkomsel Pakai "Smartphone"

Kompas.com - 31/10/2014, 13:14 WIB
Acara peluncuran Mobile Grapari Indonesia (MGI) di Jakarta, Jumat (16/8/2013). Dokumentasi TelkomselAcara peluncuran Mobile Grapari Indonesia (MGI) di Jakarta, Jumat (16/8/2013).
Penulis Reza Wahyudi
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Pada akhir September 2014, Telkomsel mengklaim telah memiliki 139,3 juta pelanggan. Pertumbuhan pengguna operator telekomunikasi milik pemerintah ini dibandingkan kuartal III tahun 2013 (year on year-yoy) mencapai 8,9 persen.

Sebanyak 63,5 juta pelanggan adalah pelanggan data atau lebih dari 46 persen total pelanggannya. Selain itu, saat ini Telkomsel memiliki 35,4 juta pelanggan pengguna smartphone  yang merepresentasikan 25 persen dari total pelanggan.

Direktur Utama Telkomsel Alex J. Sinaga menyatakan, tak hanya pelanggan yang bertumbuh, bisnis baik digital (mobile broadband dan digital service) maupun bisnis suara dan SMS juga bertumbuh. Tingkat profitabilitas mampu dijaga dengan baik, dengan EBITDA margin konsisten di atas 55 persen dan net income margin di atas 28 persen.

"Hal ini menjadikan Telkomsel selama tiga tahun berturut-turut memiliki kinerja keuangan yang solid dan mampu menjaga pertumbuhan pendapatan sebesar 10 persen di tengah-tengah industri telekomunikasi yang telah mature," kata Alex dalam siaran resminya seperti dikutip Kontan, Kamis (30/10/2014).

Catatan yang baik ini didorong oleh pertumbuhan yang kuat di bisnis digital sebesar 32,5 persen yoy, dimana mobile broadband tumbuh 32,9 persen yoy dan digital services tumbuh 28,4 persen yoy. Trafik data juga naik tajam 146,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Di saat yang sama, Telkomsel berhasil untuk mempertahankan pertumbuhan layanan suara sebesar 7,2 persen yoy dan SMS sebesar 2,8 persen yoy.

"Kami akan terus menghadirkan berbagai terobosan produk, layanan dan teknologi terkini kepada para pelanggan. Ke depannya kami berkomitmen untuk memberikan layanan mobile broadband dan secara berkelanjutan membangun infrastrukturnya agar dapat mempercepat terwujudnya Masyarakat Digital Indonesia," kata Alex.

Dia menambahkan, Telkomsel kini telah menjangkau lebih dari 95 persen dari total populasi Indonesia, membangun 369 kota sebagai broadband city dengan didukung lebih dari 83.000 BTS dimana 37.000 BTS diantaranya merupakan BTS 3G," ujar Alex.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk meningkatkan penggunaan mobile broadband di Indonesia Telkomsel melakukan serangkaian program edukasi bertajuk “Indonesia Genggam Internet”. Program ini diharapkan akan dapat mendorong adopsi smartphone 3G oleh pelanggan 2G serta memberikan manfaat positif internet yang seluas-luasnya kepada masyarakat Indonesia.

Dalam waktu dekat, Telkomsel segera menggelar layanan dengan teknologi 4G untuk memastikan pengalaman pelanggan yang terbaik.

Telkomsel pun sebelumnya telah sukses melakukan serangkaian uji coba teknologi 4G sejak tahun 2010 di Jakarta dan pada ajang APEC 5-7 Oktober 2013 di Bali. Telkomsel memastikan agar layanan ini dapat segera dapat dinikmati seluruh masyarakat Indonesia. (Merlinda Riska/Kontan)



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X