Kompas.com - 31/10/2014, 15:16 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Futuremark, perusahaan yang menyediakan peranti benchmark untuk PC ini merambah segmen mobile dengan memperkenalkan tools aplikasi benchmark, yaitu PCMark for Android.

PCMark yang selama ini dikembangkan oleh Futuremark di platform desktop, kini hadir pula di platform mobile Android. Nampaknya, Futuremark sengaja mempertahankan nama PCMark di platform mobile karena namanya yang sudah dikenal di kalangan antusias PC.

Dilansir Android Community dan dikutip KompasTekno, Jumat (31/10/2014), aplikasi PCMark for Android itu diklaim bisa mengukur performa perangkat mobile dan elemen-elemen lain yang tidak di-isolasi.

PCMark for Android juga menguji perangkat pengguna berdasar performanya sehari-hari, bukan hanya berdasar pada satu algoritma saja seperti yang selama ini dipakai di platform PC.

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis melalui GooglePlay Store. Pengguna diwajibkan untuk mengunduh file pengujian dengan kapasitas kurang lebih 400 MB. Setelah selesai diunduh, baru pengujian performa dan daya tahan baterai bisa dijalankan.

Futuremark menjanjikan akan menambahkan serangkaian pengujian di masa depan, bukan hanya performa dan daya tahan baterai saja.  Selama ini, benchmark Antutu sering digunakan sebagai patokan untuk menilai kinerja sebuah perangkat Android. Lalu apakah Futuremark bisa menciptakan standar benchmark yang baru?

Anda bisa mengunduh aplikasi PCMark for Android melalui tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.