200 Aplikasi Lokal Perebutkan Rp 180 Juta

Kompas.com - 02/11/2014, 09:10 WIB
Sekitar 500.000 situs diduga rentan terhadap serangan virus Heartbleed. BBC IndonesiaSekitar 500.000 situs diduga rentan terhadap serangan virus Heartbleed.
EditorReza Wahyudi
Kompetisi “Finding Top 50 Local Apps” yang diselenggarakan oleh Baidu Indonesia telah memasuki pekan kedelapan.

Melalui kompetisi yang dimulai sejak tanggal 10 September 2014 itu, Baidu mengundang para pengembang aplikasi Android dari Indonesia untuk mendaftarkan karya-karya mereka ke dalam MoboMarket (http://mobomarket.co.id).

MoboMarket adalah toko aplikasi Android yang dikembangkan dan diluncurkan oleh Baidu untuk pasar mobile Indonesia.

Hingga akhir Oktober 2014, MoboMarket mencatat sebanyak 200 aplikasi Android lokal telah didaftarkan ke dalam kompetisi ini. Seluruh aplikasi tersebut dibagi dalam dua kelompok, yakni kelompok games dan non-games. Aplikasi-aplikasi tersebut dibuat oleh para pengembang lokal yang berdomisili di berbagai daerah di Indonesia, yakni Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) serta Bandung, Malang, Sidoarjo, Surabaya, dan Palembang.

“Para pengembang aplikasi pasti memiliki mimpi aplikasi buatannya akan diunduh dan digunakan oleh banyak orang, serta menghasilkan keuntungan bagi mereka. Baidu melalui MoboMarket ingin membantu para pengembang aplikasi Android di Indonesia untuk mewujudkan mimpi tersebut,” ujar Li Junfeng, Head of MoboMarket Product Team.

“Kami masih mengundang lebih banyak lagi pengembang dari kota-kota lainnya di Indonesia untuk mendaftarkan aplikasi mereka ke dalam ajang ‘Finding Top 50 Local Apps’,” ujar Edo Suryo Pamungkas, Product Manager of MoboMarket di Indonesia.

Dalam kompetisi ini, Baidu menyediakan hadiah total senilai 15.000 dollar AS atau sekitar Rp180 juta serta hadiah-hadiah menarik lainnya bagi para pemenang. Dari seluruh aplikasi yang terkumpul, Baidu akan memilih 50 aplikasi terbaik yang masing-masing akan mendapatkan hadiah sebesar 300 dollar AS. Dari 50 aplikasi tersebut, Baidu akan kembali memilih 10 aplikasi terbaik untuk dipasarkan melalui MoboMarket dan ditampilkan dalam ajang Startup Asia Jakarta yang akan diadakan pada tanggal 26 dan 27 November 2014.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk memperkenalkan MoboMarket dan mengundang para pengembang lokal agar mengikuti kompetisi ini, Baidu menggandeng Tech in Asia mengadakan roadshow “Finding Top 50 Local Apps” ke empat kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Hingga saat ini, MoboMarket sudah mengadakan roadshow di Jakarta (25 September 2014), Bandung (10 Oktober 2014), dan Yogyakarta (24 Oktober 2014).

Dalam setiap roadshow tersebut, tim MoboMarket bertemu dengan para pengembang aplikasi lokal, startup, dan mahasiswa di setiap daerah. Mereka juga membagikan beragam tips mengenai pengembangan aplikasi serta informasi terkait pasar aplikasi Android di Indonesia dan global. Baidu masih akan mengadakan satu kali roadshow lagi ke Surabaya, pada tanggal 6 November 2014.

Baidu masih membuka kesempatan bagi para pengembang yang ingin mengikuti kompetisi ini. Mereka dapat membaca informasi lengkap dan mendaftarkan aplikasinya melalui http://id.techinasia.com/top50. Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 15 November 2014, pukul 23.59 WIB. Baidu akan mengumumkan nama para pemenang kompetisi sebelum perhelatan Startup Asia Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.