Kompas.com - 03/11/2014, 17:09 WIB
Smartfren Aditya Panji/KompasTeknoSmartfren
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bakrie Telecom, Tbk. (BTEL) dan PT Smartfren Telecom, Tbk. (Smartfren) hari ini, Senin (3/11/2014) mengumumkan kerjasama untuk kolaborasi penyelenggaraan jaringan. Langkah kolaborasi ini adalah komitmen kedua operator untuk mendorong peralihan teknologi CDMA menuju layanan 4G berbasis LTE FDD.

Adapun penandatanganan Perjanjian Kolaborasi dan Sewa Menyewa Jaringan antara Bakrie Telecom dan Smartfren sendiri telah dilakukan Kamis (30/10/2014) lalu.

Dalam Perjanjian Sewa Menyewa Jaringan itu, Smartfren sepakat untuk memberikan kualitas layanan yang sama dengan yang diberikan kepada pelanggan Smartfren sendiri.
 
"Kerjasama strategis ini sekaligus membuka kemungkinan untuk mengatasi perkembangan lebih lanjut dari teknologi CDMA yang kami gunakan selama ini," kata Presiden Direktur Bakrie Telecom, Jastiro Abi dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (3/11/2014).

"Setelah ini, pelanggan Bakrie Telecom dan Smartfren bukan hanya mendapatkan layanan yang berkualitas saja, tapi di masa mendatang dapat berkesempatan menikmati layanan 4G berbasis LTE FDD," demikian imbuh Abi.
 
Sementara itu Presiden Direktur Smartfren, Rodolfo Pantoja mengatakan bahwa kolaborasi antara Bakrie Telecom dengan Smartfren juga akan membantu program penyehatan industri CDMA.

"Dengan kerjasama kolaborasi jaringan ini, diyakini akan dapat meningkatkan layanan dan efisiensi serta meningkatkan kemampuan keuangan Bakrie Telecom," demikian ujar Rodolfo.

Lebih lanjut, Bakrie Telecom dan Smartfren akan segera menjajaki kemungkinan pengembangan jaringan menuju layanan 4G berbasis LTE FDD guna meningkatkan kualitas dan layanan bagi para pelanggannya.
 
"Saat ini yang terpenting adalah kepentingan pelanggan baik Esia maupun Smartfren terlayani dengan sebaik-baiknya, karena kalau pelanggan senang, maka para stakeholders bahkan regulator pun akan senang dan mendukung," ujar Abi.

"Baik Esia maupun Smartfren akan tetap hadir seperti biasa namun dengan operasional yang jauh lebih efisien dan khususnya untuk pelanggan Esia akan mendapat jangkauan lebih baik,” demikian pungkas Abi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.