Kompas.com - 05/11/2014, 07:29 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Start Screen Windows 8.1

KOMPAS.com - Menyusul Windows 7 yang sudah tidak dijual pada 31 Oktober lalu, kini giliran Windows 8 yang "pensiun" alias penjualannya disetop oleh Microsoft.

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari BBC (4/11/2014), penghentian penjualan tersebut berlaku untuk Windows 8 versi box retail dan pre-install yang biasanya dibundel dengan PC atau laptop baru.

Windows 8.1 akan ditawarkan sebagai sistem operasi default untuk PC sebagai ganti dua sistem operasi tersebut, sebelum Windows 10 dirilis pada akhir 2015 mendatang.

Kebijakan ini diambil Microsoft dalam waktu hanya dua tahun setelah debut perdana Windows 8 pada Oktober 2013.

Lantaran itu, muncul dugaan bahwa Microsoft berniat "menjauhkan diri" dari Windows 8 yang terlanjur menuai respon negatif karena membuang sejumlah elemen penting yang familiar bagi pengguna Windows, misalnya tombol Start.

Windows 8 tak kunjung berhasil menarik minat konsumen dan hingga kini hanya menguasai sekitar 6 persen dari keseluruhan pasar sistem operasi desktop, menurut laporan terbaru dari Net Applications.

Angka itu masih jauh di bawah Windows XP (17 persen) yang berumur 13 tahun dan dukungan teknisnya sudah dihentikan Microsoft pada April 2014. Sementara, Windows 7 masih mendominasi dengan pangsa 53 persen.

Untuk sementara waktu Windows 8 masih akan terus dijual oleh pemasok dan pabrikan PC yang masih memiliki stok box retail atau produk berbasis Windows 8.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.