Kompas.com - 05/11/2014, 10:20 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Komputer Apple 1 yang dibeli langsung dari Steve Jobs dan akan segera dilelang oleh Christie's

KOMPAS.com - Apple 1, komputer pertama besutan Apple, rupanya sedang marak jadi buruan kolektor berkantong tebal. Perangkat langka yang menjadi cikal bakal raksasa gadget Apple tersebut kembali muncul dalam bursa lelang Christie's.

Berbeda dari beberapa unit yang sempat muncul sebelumnya, unit Apple 1 kali ini memiliki sejarah istimewa. Seperti apa?

Laporan yang dilansir oleh ArsTechnica menyebutkan bahwa komputer yang bersangkutan dibeli langsung dari tangan almarhum Steve Jobs, tepatnya di garasi mobil rumah yang merangkap sebagai toko pertama pendiri Apple itu pada 1976.

Pembelinya adalah seseorang bernama Charles Ricketts yang ketika itu membayar Jobs 600 dollar AS untuk satu unit Apple 1. Kini komputer tersebut telah berpindah tangan beberapa kali, tapi keasliannya sudah dipastikan.

Pemiliknya kini, seorang kolektor asal Vigninia, AS. yang bernama Robert Luther, hendak menjualnya lewat balai lelang Christie's pada 11 Desember mendatang. Harga Apple 1 milik Luther diperkirakan bisa menembus angka 600 ribu dollar AS atau lebih dari Rp 7,2 miliar.

"Komputer saya dibeli langsung dari tangan Steve Jobs. Berdasarkan alamat pembeli di dalam cek, dia tinggal sekitar 4 mil dari rumah Jobs," ujar Luther.

Unit komputer Apple 1 yang dilelang Luther memang didampingi dua buah cek yang batal diberikan. Cek pertama senilai 600 dollar AS dibubuhi tulisan tangan oleh pembeli aslinya, Ricketts yang berbunyi "Dibeli 1976 dari Steve Jobs di garasi rumah orang tuanya di Los Altos."

Cek kedua senilai 193 dollar AS ditulisi catatan lain yang berbunyi "Software NA diprogram oleh Steve Jobs pada Agustus 1976." Tim balai lelang Christie's yang memeriksa komputer tersebut mengatakan bahwa Apple 1 milik Luther masih berfungsi dan bisa menjalankan software original yang ditulis untuknya, termasuk Microsoft BASIC dan sebuah game Star Trek.

Sebelumnya, pada Oktober lalu, sebuah komputer Apple 1 lain telah lebih dulu terjual ke Henry Ford Foundation dengan harga fantastis, mencapai kisaran Rp 10,8 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.