Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Nostalgia Main "Ding-dong" dari PC

Kompas.com - 06/11/2014, 10:28 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sebagian judul game arcade jadul yang dikoleksi oleh Internet Arcade

KOMPAS.com - Sempat mencicipi main game di "ding-dong" alias mesin game arcade di pusat-pusat game? Familiar dengan tokoh-tokoh Street Fighter atau Donkey Kong? Jika demikian, koleksi aplikasi milik Internet Arcade ini bisa menjadi sarana hiburan sekaligus nostalgia yang menarik.

Internet Arcade adalah bagian dari Internet Archive, sebuah organisasi non-profit yang memiliki tujuan melestarikan segala macam "artefak digital" umat manusia agar dapat diketahui dan dipelajari oleh semua orang.

Nah, sebagaimana dikutip KompasTekno dari ArsTechnica, salah satu bentuk artefak digital dimaksud adalah video game arcade. Internet Arcade mengumpulkan judul-judul game ding-dong lawas dari era 70-an hingga awal 90-an. Koleksinya mencapai 900 judul, mulai dari yang populer seperti Street Fighter dan Donkey Kong tadi hingga yang kurang dikenal.

Asyiknya, aneka game yang terkumpul di Internet Archive bisa dimainkan di browser berkat JSMESS, sebuah emulator open-source. JSMESS merupakan proyek sampingan dari Multiple Arcade Machine Emulator yang dirancang untuk Java Script.

Memang tidak semua game bisa dijalankan dengan lancar. Beberapa bisa berjalan, tapi sangat sulit dikontrol dengan tombol-tombol keyboard, terutama game yang dirancang untuk dimainkan dengan pengendali khusus, seperti trackball atau game vektor.

Kurator Internet Arcade Jason Scott memilih sekitar 300 judul game ding-dong lawas di situsnya yang telah teruji dan bisa berjalan lancar di browser (diutamakan Firefox, tapi bisa juga memakai peramban lain). Sisanya dapat dimainkan juga, tapi tak terlalu mulus berjalan di browser dan cenderung bermasalah, misalnya dalam hal scaling grafik atau mapping kontrol dengan tombol keyboard.

Sebagian game yang ditawarkan Internet Arcade masih berada di bawah hak cipta dari pembuatnya. Beberapa bahkan dirilis ulang di konsol game modern. Tapi Scott menjelaskan bahwa apa yang dilakukan pihaknya merupakan bentuk dari "penggunaan hak untuk mengingat".

Yang jelas, para pengunjung situs Internet Arcade jadi bisa bernostalgia dengan memainkan aneka game jadul yang menemani masa muda dulu, atau mencoba judul-judul lain yang belum dikenal.

Ke depannya, Scott berharap materi-materi game yang dikumpulkan Internet Arcade bisa menjadi referensi para peneliti, akademisi, atau siapapun yang tertarik dengan game lawas untuk mempelajari sejarah dari industri video game.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com