Kompas.com - 06/11/2014, 19:30 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Oppo R5 merupakan ponsel yang diklaim sebagai yang tertipis di dunia saat ini di angka 4.85 mm. Perangkat itu memanfaatkan konstruksi frame dari baja.

Bakarrik Azeri, Product Manager Oppo, berbagi beberapa hal soal pembuatan perangkat itu saat memperkenalkannya secara resmi dalam gelaran di Singapura, 29 Oktober  2014.

"Kami menggunakan apa yang disebut sebagai micro arc untuk frame Oppo yang terbuat dari baja. Saat perancangan, salah satu yang kami temukan adalah adanya bekas mata bor dari mesin pembuatnya," ujar Azeri.

Bekas mata bor itu, lanjutnya, memang tidak terlalu kasat mata. Apalagi bagi konsumen, bagian itu tak akan terlihat.

Namun, lanjut Azeri, pihaknya akan tetap tahu soal itu. "Maka, kami sewa pengrajin untuk melakukan pemolesan dengan tangan," ujarnya.

Ann Li, Chief Product Designer, Oppo, juga mengatakan bahwa R5 melalui 20 jenis pemolesan yang berbeda. Termasuk yang menggunakan tangan tadi.

Hal ini menurutnya adalah bagian dari perhatian sangat dalam pada detail yang memang jadi arahan Oppo untuk R5.

Perhatian pada detil itu bisa jadi gambaran akan proses yang terjadi di balik pembuatan R5. Pemilihan material baja juga diduga untuk memperkuat rangka agar tidak mudah tertekuk.

Hanya saja, desain yang super tipis memang menimbulkan permasalahan lain. Misalnya, tidak adanya port untuk headphone konvensional.

Solusinya, Oppo menyertakan USB audio adapter. Namun untuk yang tak mau menggunakan hal itu, bisa juga menggunakan Bluetooth.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.