Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Echo Hadirkan 'Siri' di Rumah

Kompas.com - 09/11/2014, 14:10 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com -  Perusahaan teknologi Amazon tampaknya terus berusaha menembus pasar konsumen dan bersaing langsung dengan Apple, Google ataupun Microsoft.

Setelah jajaran perangkat personal seperti Kindle dan Fire Phone, Amazon sekarang berusaha menyasar pengguna rumahan dengan menghadirkan perangkat bernama Echo.

Echo berupa sebuah perangkat silinder, pada dasarnya mirip sebuah speaker, yang dimaksudkan untuk diletakkan di tengah-tengah ruangan rumah. Perangkat ini kemudian bisa dikendalikan dengan suara.

Ya, mirip asisten pribadi Siri-nya Apple, fitur Google Now ataupun Cortana-nya Microsoft. Bedanya, Echo dimaksudkan sebagai asisten rumah, tidak menempel di perangkat pribadi.

Menurut Readwrite, yang dikutip KompasTekno, Minggu (9/11/2014), Echo bisa membacakan berita, informasi cuaca, memainkan lagu, menyusun daftar tugas (To Do) hingga menyetel alarm.

Echo diklaim bisa mempelajari ucapan dan kebiasaan penggunanya. Bahkan, ia bisa mendengar penggunanya meskipun suasana ruangan sedang berisik karena memutar musik.

Echo dikendalikan dengan panggilan. Pengguna perlu menyebut "Alexa" sebelum memberikan perintah. Nama "Alexa" diduga berasal dari Alexa Web Information Service milik Amazon.

Perangkat dengan audio speaker di bagian atas ini dikatakan bisa terhubung dengan sistem rumah pintar. Ia juga bisa dikendalikan dari jarak jauh lewat aplikasi untuk Fire OS dan Android, serta lewat browser (untuk iOS, desktop dan lainnya).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com