Echo Hadirkan 'Siri' di Rumah

Kompas.com - 09/11/2014, 14:10 WIB
Amazon Echo AmazonAmazon Echo
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com -  Perusahaan teknologi Amazon tampaknya terus berusaha menembus pasar konsumen dan bersaing langsung dengan Apple, Google ataupun Microsoft.

Setelah jajaran perangkat personal seperti Kindle dan Fire Phone, Amazon sekarang berusaha menyasar pengguna rumahan dengan menghadirkan perangkat bernama Echo.

Echo berupa sebuah perangkat silinder, pada dasarnya mirip sebuah speaker, yang dimaksudkan untuk diletakkan di tengah-tengah ruangan rumah. Perangkat ini kemudian bisa dikendalikan dengan suara.

Ya, mirip asisten pribadi Siri-nya Apple, fitur Google Now ataupun Cortana-nya Microsoft. Bedanya, Echo dimaksudkan sebagai asisten rumah, tidak menempel di perangkat pribadi.

Menurut Readwrite, yang dikutip KompasTekno, Minggu (9/11/2014), Echo bisa membacakan berita, informasi cuaca, memainkan lagu, menyusun daftar tugas (To Do) hingga menyetel alarm.

Echo diklaim bisa mempelajari ucapan dan kebiasaan penggunanya. Bahkan, ia bisa mendengar penggunanya meskipun suasana ruangan sedang berisik karena memutar musik.

Echo dikendalikan dengan panggilan. Pengguna perlu menyebut "Alexa" sebelum memberikan perintah. Nama "Alexa" diduga berasal dari Alexa Web Information Service milik Amazon.

Perangkat dengan audio speaker di bagian atas ini dikatakan bisa terhubung dengan sistem rumah pintar. Ia juga bisa dikendalikan dari jarak jauh lewat aplikasi untuk Fire OS dan Android, serta lewat browser (untuk iOS, desktop dan lainnya).

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X