Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesan Pertama Menggenggam Xiaomi Redmi Note

Kompas.com - 10/11/2014, 15:46 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Xiaomi Redmi Note menjalankan interface MIUI 5.0 dengan tema Indonesia

KOMPAS.com - Setelah menandai debut perdananya lewat smartphone Redmi 1S, Xiaomi, pabrikan gadget asal Tiongkok yang sedang naik daun, akan segera memasarkan produk kedua berjenis “phablet”.

Perangkat bernama Redmi Note tersebut mengusung ukuran layar yang lebih besar dibandingkan Redmi 1S, berikut dengan deretan komponen hardware yang berbeda pula.

Kompas Tekno sempat mencoba Redmi Note sejenak dalam acara perkenalannya di Jakarta, Kamis minggu lalu. Seperti apa kesan yang didapatkan? Ikuti ulasan singkatnya berikut ini.

Licin

Bentang layar 5,5 inci, ketebalan nyaris 1 cm, dan bobot mencapai 200 gram sesuai dengan predikat ”phablet” yang disematkan pada Redmi Note.

oik yusuf/ kompas.com
Tampilan bagian depan dan belakang Xiaomi Redmi Note
oik yusuf/ kompas.com
Bagian sisi bawah Redmi Note
oik yusuf/ kompas.com Redmi Note (kanan) terlihat seperti kakak beradik dengan Redmi 1S

Bagian depan Redmi Note didominasi bingkai (bezel) berwarna hitam mengilap yang cukup tebal di sekeliling layar. Panel IPS LCD milik phablet ini terlihat cukup cemerlang dan tajam dengan resolusi 1280x720.

Persis di atas layar terdapat sebuah kamera 5 megapixel, sementara di bawahnya ada tiga buah tombol softbutton dengan label berwarna merah untuk keperluan navigasi.

Karena memiliki desain yang kurang lebih serupa, Redmi Note tampak sangat mirip dengan Redmi 1S. Ketika disandingkan, Redmi Note bahkan bisa dibilang terlihat seperti versi lebih lebar dari smartphone tersebut.

Redmi Note masih muat dalam genggaman tangan orang dewasa, namun permukaan tubuhnya yang licin -termasuk bagian cover belakang- sedikit mengurangi kenyamanan karena ia dapat dengan mudah tergelincir dari tangan.

VP Global Xiaomi Hugo Barra mengatakan pihaknya bakal ikut memasarkan aksesori cover belakang untuk Redmi Note. Mungkin kesan licin itu nantinya bisa dikurangi dengan memakai cover bertekstur atau yang memiliki permukaan kesat.

oik yusuf/ kompas.com
Slot SIM card, micro-SD, dan baterai di balik penutup belakang Redmi Note

Penutup bagian punggung Redmi Note yang terbut dari plastik warna putih memang bisa dicopot untuk mengakses dua buah slot SIM card dan kartu memori micro-SD yang ada di baliknya, juga sebuah baterai dengan kapasitas 3.100 mAh.

Masih seputar bagian belakang, di sini juga terdapat sebuah kamera utama dengan resolusi 13 megapixel yang juga dilengkapi LED flash.

Di bawah kompartemen baterai terdapat grill speaker yang meneruskan suara lewat lubang yang terdapat di cover belakang.

Jelly Bean

Di dalamnya, Redmi Note diperkuat prosesor octa-core MediaTek MT6592 berkecepatan 1,7 GHz, RAM 2 GB, dan kapasitas media internal 8 GB. Spesifikasi itu membuatnya memiliki kinerja lebih tinggi dibanding Redmi 1S yang hanya dibekali prosesor quad-core 1,6 GHz dan RAM 1 GB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com