Mesin Pencari Google Terinspirasi dari "Star Trek"

Kompas.com - 10/11/2014, 16:06 WIB
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Senior Vice President Divisi Pencarian Google, Amit Singhal, yakin Google di masa depan akan menjadi "asisten pribadi yang sempurna" karena mengetahui "apa yang Anda inginkan dan kapan Anda menginginkan apa".

Singhal (44) telah membawa perubahan transformasional pada internet sejak dia mengambil alih pengembangan mesin pencari Google pada tahun 2000 manakala kemampuan situs itu masih terbatas dan akses internet pun sangat lamban.

"Sahabat Google" (sebutan perusahaan berbasis di California, AS itu kepada para pemikir utamanya) melihat sebuah dunia "pengetahuan yang dipesan" bahkan sebelum orang tahu apa yang diinginkannya, seperti gabungan antara pengenalan suara, pemahaman bahasa, teknologi sentuh dan kemajuan komputer.

"Google di masa depan akan menjadi asisten pribadi yang sempurna yang memberi Anda manfaat dari semua pengetahuan teknis guna memperkuat proses berpikir Anda," kata Singhal.

Meskipun orang bisa pergi ke Bulan tanpa meninggalkan tempat duduk mereka, perkembangan mesin pencari barulah sebatas "langkah bayi" menuju "cawan suci pencarian", kata Singhal kepada AFP.

Singhal menepis kritik ilmuwan bahwa dengan meletakkan semua informasi pada jemari maka akan menciptakan perilaku malas, memperpendek rentang perhatian manusia, dan mengurangi kapasitas dalam mengingat informasi.

"Orang selalu mengkhawatirkan perubahan. Kita mesti mengajari orang berenang dengan arus teknologi, bukan menyelam melawannya," kata sang maha guru.

"Dulu ada kekhawatiran pada (teknologi) mesin cetak Gutenberg yang dikira akan menghancurkan keindahan perkataan lisan, namun kita menjadi jauh lebih baik berkat pengetahuan yang dibawa mesin cetak," kata dia.

"Orang-orang mengkhawatirkan TV akan menghentikan kebiasaan orang membaca buku, tetapi itu tidak terjadi," tegas dia.

"Internet malah telah membuat manusia lebih produktif, menyingkirkan hambatan-hambatan dalam mendapatkan informasi," kata Singhal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.