Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Pendinginan Android Tipis Oppo R5

Kompas.com - 10/11/2014, 17:19 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Ilustrasi cangkang tipis Oppo R5

KOMPAS.com - Di samping bodi tipis tak sampai 5 mm, hal lain yang dibanggakan Oppo pada salah satu smartphone terbarunya, R5, adalah sistem pendinginan berbasis material "liquid metal".

Kalau biasanya ponsel hanya mengandalkan grafis untuk mendinginkan prosesor, menurut informasi tertulis yang diterima Kompas Tekno, R5 turut memakai bahan bernama phase-change metal (PCM).

PCM ditempatkan di antara prosesor dan grafit untuk meningkatkan efisiensi  pendinginan.

Disebut "phase-change" karena bahan serupa logam ini bisa berubah bentuk pada suhu 45 derajat celcius sehingga mengisi seluruh ruang antara prosesor dan grafis untuk membantu penghantaran panas.

Oppo menyebutkan bahwa material PCM bisa bertahan selama 96 jam secara terus menerus pada suhu 70 derajat celsius, serta memiliki daya tahan selama lebih dari tiga tahun.

R5 sendiri dibekali prosesor octa-core Snapdragon 615 1,5 GHz yang memiliki delapan buah inti. Spesifikasi lain mencakup RAM 2GB, kapasitas media internal 16GB, baterai 2.000 mAh, kamera 13 megapixel, OS Android 4.4 Kitkat, dan layar 5,2 inci (1920x1080).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com