Kompas.com - 11/11/2014, 09:29 WIB
Layanan pesan instan Facebook Messenger FacebookLayanan pesan instan Facebook Messenger
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Jejaring sosial Facebook mengklaim jumlah pengguna aplikasi pesan instan mereka, Messenger telah mencapai angka 500 juta orang per bulan. Dengan demikian, Facebook kini membuntuti WhatsApp (juga dimiliki Facebook), yang penggunanya saat ini mencapai 600 juta orang.

Pengumuman jumlah pengguna aplikasi Messenger tersebut dimuat Facebook dalam halaman Newsroom Facebook pada Senin (10/11/2014). Dikutip KompasTekno, Facebook mengatakan bahwa dengan jumlah tersebut, mereka berkomitmen untuk memberikan pengalaman messaging terbaik.

Facebook sempat dikritik saat memisahkan aplikasi Messenger dari jejaring sosial itu. Karena,  seolah memaksa penggunanya untuk mengunduh aplikasi tersebut jika mendapat pesan di Facebook.

Messenger pada mulanya diperkenalkan Facebook pada 2011 dan mulai menjadi aplikasi terpisah sejak April 2014. Saat itu, di hadapan para investornya, CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengatakan jumlah pengguna aktif Messenger mencapai 200 juta orang.

Tujuh bulan sejak pengumuman itu, kini Facebook mengklaim jumlah pengguna Messenger mencapai setengah miliar orang di seluruh dunia.

Belum lama ini, Zuckerberg juga menjawab pertanyaan mengapa Facebook akhirnya memisahkan aplikasi Messenger dari jejaring sosialnya itu. Menurut Zuck, tujuan Facebook adalah memberikan pengguna kemudahan dan pengalaman yang lebih intim dengan aplikasi pesan instannya itu.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.