Windows 98 Jadi Sistem Operasi iPhone 6

Kompas.com - 12/11/2014, 10:27 WIB
iPhone 6 Plus yang dipasangi OS Windows 98 FengiPhone 6 Plus yang dipasangi OS Windows 98
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Seorang programer asal Tiongkok dilaporkan berhasil meng-install sistem operasi Microsoft Windows 98 di perangkat Apple iPhone 6 Plus.

Foto-foto iPhone 6 Plus yang menjalankan OS Windows 98 tersebut diunggah ke dalam situus forum bbs.feng.com yang populer di Tiongkok.

Dikutip KompasTekno dari Techcrunch, Selasa (11/11/2014), awalnya diduga Widows 98 tersebut dijalankan dengan emulasi berbasis script sehingga menyerupai Windows 98.

Namun ternyata, sistem operasi tersebut adalah Windows 98 asli yang benar-benar berjalan di smartphone terbaru unggulan Apple.

Dalam postingan di forum itu, diketahui bahwa Windows 98 yang dijalankan di iPhone 6 Plus tersebut memanfaatkan aplikasi iDOS yang bekerja untuk mengemulasi sistem operasi PC lama.

Sebagian besar fungsi-fungsi utama Windows 98 berjalan normal, namun peretas tersebut mengaku tidak bisa melakukan upgrade ke Windows XP.

Sebelumnya, seorang programer juga berhasil memasang sistem operasi Microsoft lawas, Windows 95 dalam perangkat smartwatch Samsung, Gear Live.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Programer tersebut menggunakan emulator DOS bernama ADosBox yang memungkinkan perangkat berbasis ARM menjalankan software yang ditulis untuk arsitektur x86.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.