Kompas.com - 13/11/2014, 07:38 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Sony baru saja meluncurkan smartphone unggulannya, Xperia Z3, di pasar Indonesia. Namun, sesuai dengan tradisi Sony yang merilis smartphone barunya setiap enam bulan sekali, kini Sony sudah bersiap untuk merilis Xperia Z4. Seperti apa smartphone penerus Z3 itu nanti?

Situs Android Origin, yang dikutip KompasTekno, Kamis (13/11/2014), melaporkan bahwa Sony akan mengintegrasikan teknologi Qi wireless charging dalam perangkat Xperia Z4.

Qi Wireless charging adalah transfer daya listrik secara induktif. Dengan teknologi ini, pengguna bisa mengisi ulang baterai dengan hanya mendekatkan atau menempelkan smartphone dengan pad pengisi ulang daya.

Teknologi isi ulang daya baterai secara nirkabel tersebut saat ini juga sudah dimiliki beberapa smartphone premium, seperti Samsung Galaxy S5.

Selain itu, Sony Xperia Z4 tidak akan memiliki fitur penutup (flap) untuk slot microSD smartphone. Sebelumnya, Sony menggunakan flap yang bisa dibuka tutup itu untuk mengakses slot kartu SIM, konektor micro USB, serta slot penyimpanan micro SD dalam lini Xperia Z1 hingga Z3.

Namun, menurut laporan yang sering diterima Sony, flap tersebut dalam penggunaannya sering menjadi kendor, dan hal itu memengaruhi ketahanan smartphone terhadap air.

Namun, walau nantinya Xperia Z4 tidak akan menggunakan flap, Sony mengatakan, Xperia Z4 akan memiliki sertifikasi IP68. Dengan demikian, smartphone tersebut tetap bisa bertahan di kedalaman 1,5 meter di bawah air selama lebih dari 30 menit.

Sementara itu, dari segi spesifikasi hardware-nya, Xperia Z4 akan mengusung prosesor Snapdragon 810, RAM 4 GB, dan penyimpanan internal 32 GB.

Seperti biasa, selain smartphone Xperia Z4, Sony juga akan merilis gadget-gadget pendampingnya, seperti Xperia Z4 Ultra, Xperia Z4 Compact, dan Xperia Z4 Tablet. Perangkat-perangkat itu akan diperkenalkan Sony pada awal tahun 2015 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.