Kompas.com - 13/11/2014, 12:00 WIB
Drone DJI Inspire One CnetDrone DJI Inspire One
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Perusahaan pembuat wahana tanpa awak DJI Innovations meluncurkan varian drone terbaru yang diberi nama Inspire One. Peluncuran wahana terbang tanpa awak itu dilakukan pada Rabu (12/11/2014) yang disiarkan langsung melalui situs YouTube.

DJI Inspire One adalah quadcopter (drone dengan empat baling-baling) penerus Phantom Vision+ yang sebelumnya telah diluncurkan awal tahun ini. Inspire One dilengkapi dengan kamera yang mampu merekam video dalam resolusi 4K 30 fps (60 fps dalam resolusi 1080p), serta foto dengan resolusi 12 megapiksel.

Uniknya, keempat "kaki" drone bisa dilipat di udara setelah drone take off. Hal itu memberikan kamera Inspire One mampu merekam video pemandangan 360 derajat tanpa halangan. Selain bisa diputar 360 derajat, kamera Inspire One juga bisa ditekuk 125 derajat.

Sama dengan Vision+, kamera yang terpasang di bagian bawah drone terhubung dengan gimbal tiga sumbu yang diklaim bisa membantu merekam video dengan lebih smooth, bahkan saat drone diterpa angin kencang.

Remote control yang dimiliki Inspire One juga memiliki kendali untuk menggerakkan kamera. Kontroler tersebut juga memiliki teknologi transmitter nirkabel Lightbridge yang bisa mengalirkan video 1080p ke perangkat Android atau iOS sejauh 1,7 kilometer.

Konektor yang disediakan dalam Inspire One adalah USB dan output HDMI. Dengan konektor tersebut, pengguna bisa menghubungkan smartphone, tablet, atau layar monitor dengan unit drone.

Dari segi keamanan, DJI kini membuat fitur return-to-home menjadi lebih dinamis, sehingga drone bukan lagi kembali di tempat dimana diluncurkan, melainkan ke posisi pengendalinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam sekali isi ulang, baterai kapasitas 4500 mAh yang dimiliki hanya bisa bertahan selama 18 menit. DJI Inspire One dijual dengan harga retail 2.800 dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNET

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.