Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Server" Lenovo Ingin Seperti PC

Kompas.com - 14/11/2014, 10:13 WIB
Wicak Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lenovo telah rampung mengakuisisi System X, divisi server x86 dari IBM. Bisnis server itu kemudian berwujud "Business Group Enterprise".

Dalam bincang-bincang dengan media di Jakarta, Kamis (13/11/2014), Vonny Tjiu, Country Manager, Business Group Enterprise, Lenovo Indonesia, mengatakan saat ini mereka ingin seperti bisnis PC.

"Di Indonesia, PC Lenovo sudah nomor satu. Kami mau seperti PC juga," kata Vonny.

Sandy Lumy, Chief Operating Officer, Lenovo Indonesia, mengatakan menurut data IDC terbaru, Lenovo sudah menempati posisi pertama di Indonesia.

"Kami harapkan tidak berhenti hanya di nomor satu ini saja. Kami teta mau jadi yang terdepan, khususnya dalam inovasi," ujar Sandy.

Vonny mengatakan, bisnis server di Indonesia masih cukup besar. Khususnya, untuk server berbasis x86 seperti yang ditawarkan Lenovo.

Mengutip data IDC, Vonny mengatakan nilai pasar server di Indonesia telah melampaui 100 juta dollar AS. Sebanyak 70 persen dari pasar itu adalah untuk x86.

Padahal, lanjut Vonny, pada 2008 bisnis server x86 itu baru mencapai 40 persen saja di Indonesia. Namun sejak masa itu, terjadi migrasi yang cukup banyak.

Salah satu faktor migrasi dari non-x86 ke x86 menurut Vonny adalah banyaknya penyedia aplikasi yang berjalan di platform tersebut. Termasuk, misalnya, aplikasi virtualisasi yang banyak digandrungi korporasi.

Hal lainnya, Vonny memaparkan, adalah faktor biaya yang terbilang efisien serta lebih banyaknya tenaga kerja yang menguasai platform tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com