Kompas.com - 17/11/2014, 08:05 WIB
|
EditorWicak Hidayat
BBC
KOMPAS.com — Jejaring sosial Facebook terus-menerus mengubah algoritma News Feed-nya. News Feed digunakan untuk menampilkan konten apa yang dilihat oleh pengguna.

Dikutip KompasTekno dari postingan di halaman web newsroom Facebook, Jumat (14/11/2014), jejaring sosial tersebut berencana untuk mengurangi konten yang bersifat promosi mulai awal tahun 2015.

Keputusan tersebut diambil oleh Facebook setelah melakukan survei terhadap penggunanya. Beberapa pengguna menyebut iklan yang ditampilkan di News Feed Facebook adalah mengganggu, sementara studi juga menunjukkan bahwa orang-orang ternyata tidak suka dengan konten promosi tanpa konteks.

Jenis iklan lain yang dirasa mengganggu menurut survei Facebook adalah postingan yang mendorong orang untuk membeli produk atau meng-install aplikasi, serta postingan yang isinya sama persis dengan konten iklan.

Perubahan algoritma tersebut dijanjikan oleh Facebook tidak akan meningkatkan jumlah iklan yang dilihat pengguna dalam News Feed mereka.

"(Perubahan News Feed) Ini tujuannya untuk meningkatkan relevansi dan kualitas keseluruhan isi cerita, termasuk postingan yang dilihat pengguna," demikian pernyataan Facebook.

Menurut Facebook, tujuan News Feed Facebook adalah untuk menampilkan hal-hal yang memang ingin dilihat oleh penggunanya saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.