Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia Dipastikan Stop Produksi "Smartphone" Selamanya

Kompas.com - 17/11/2014, 10:35 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com  Setelah bisnis perangkat Nokia diambil alih sepenuhnya oleh Microsoft, banyak beredar kabar tak pasti apakah Nokia akan terus membuat produk smartphone atau tidak. Merek yang akan digunakan pun belum pasti.

Namun, CEO Nokia, Rajeev Suri, secara tegas mengumumkan bahwa Nokia tidak akan kembali ke pasar smartphone. Suri juga menambahkan bahwa merek Nokia sedang dipertimbangkan untuk dijual lisensinya.

"Kami tidak akan kembali menjual perangkat secara langsung ke konsumen, tetapi brand ini tetap akan hadir di dunia konsumer," ujar Suri dalam sebuah kesempatan pertemuan dengan analis di London, seperti dikutip KompasTekno dari Trusted Reviews, Jumat (14/11/2014).

"Brand Nokia sangat kuat, dan kami sedang mempertimbangkan untuk menjual lisensinya, kami akan mempertimbangkannya masak-masak," imbuh Suri.

Seperti kita ketahui, Nokia telah menjual divisi perangkatnya ke Microsoft pada September 2013 lalu dengan nilai 7,17 miliar dollar AS. Microsoft sendiri pada minggu lalu mulai memperkenalkan perangkat Lumia pertama dengan merek Microsoft, yaitu Lumia 535.

Kini, bisnis yang murni dimiliki Nokia tinggal tiga divisi, yaitu divisi jaringan, teknologi, dan pemetaan Here.

Menurut Suri, ketiga divisi tersebut masih memiliki kesempatan untuk bertumbuh pada masa mendatang. Nokia juga berinvestasi di jaringan 4G dan Internet of Things (ioT) untuk mengembalikan perusahaan ke jalur yang tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com