Kompas.com - 19/11/2014, 07:06 WIB
Konektor USB Type-C milik Nokia N1 The VergeKonektor USB Type-C milik Nokia N1
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Nokia pada Selasa (19/11/2014) secara mengejutkan meluncurkan perangkat tablet Android yang diberi nama Nokia N1. Tablet Android 7,9 inci ini juga menjadi salah satu yang pertama mengusung konektor USB Type C reversible (bolak-balik).

USB Type-C adalah standar konektor USB (Universal Serial Bus) baru yang ditetapkan pada Agustus 2014 lalu. Belum banyak vendor elektronik yang mengusung konektor jenis ini karena mereka menunggu ajang Consumer Electronic Show (CES) CES 2015 untuk memperkenalkannya.

Dikutip KompasTekno dari The Verge, Selasa (19/11/2014), USB-Type C memiliki profil konektor yang lebih ramping. Desain reversible (bolak-balik) yang dirancang dimaksudkan agar pengguna tidak bingung orientasi kabel mana yang akan dihubungkan.

Namun, walau sebenarnya jenis konektor ini mendukung standar USB 3.1 dengan bandwidth hingga 10 Gbps, Nokia nampaknya tidak menyertakan dukungan tersebut dalam tablet Nokia N1.

Alih-alih, USB Type-C yang ditanamkan Nokia hanya mendukung standar USB 2.0 yang lebih lama dengan kecepatan bandwidth yang rendah, mengapa?

Menurut penjelasan Nokia, pihak rekanannya, Foxconn saat ini belum memiliki solusi untuk chipset yang digunakan Nokia jika ingin mendukung kecepatan bandwidth USB hingga 10 Gbps.

"Kami percaya konektor bolak-balik akan mempermudah segalanya, chipset dari Intel sudah mendukungnya dan kami ingin memaksimalkannya, namun kemampuan USB 3.1 belum tersedia untuk chipset tersebut saat ini," demikian pernyataan Nokia.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.