Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADS

Ann Li, Si Cantik Di Balik Desain Smartphone

Kompas.com - 19/11/2014, 12:13 WIB
Wicak Hidayat

Penulis

KOMPAS.com - Seorang wanita bernama Ann Li adalah sosok utama di balik berbagai desain smartphone Oppo saat ini. Ann adalah Chief Product Designer untuk pabrikan ponsel asal Tiongkok tersebut.

Ann mengawali prestasinya sejak masih menjadi mahasiswa. Ketika itu ia mendapatkan penghargaan Best Innovation Award dari sebuah kompetisi desain yang digelar Samsung.

Ann ketika itu berkuliah di Nanjing Arts University, untuk mendapatkan gelar di bidang Industrial Design. Lulus dari kampus, Ann bergabung dengan Oppo.

Sejak itu, Ann terus merintis kariernya sebagai desainer industri, dengan mengerjakan berbagai proyek di sejak 2004 hingga 2010.

Ia menjadi Director of GUI/UE di Oppo pada 2012, di rentang waktu yang sama ketika Oppo meluncurkan seri Find.

Di 2013, Ann menjabat Chief Product Designer di Oppo. Salah satu karyanya adalah Oppo N1, perangkat smartphone Oppo yang khas dengan kamera putarnya.

"Kami tidak mau anak muda menggunakan ponsel yang begitu-begitu saja, sama dengan yang digunakan orang kebanyakan," ujar Ann soal desain ponsel Oppo, saat berbicara dengan media dari berbagai negara di Singapura, akhir Oktober 2014.

Ann berharap, lewat rancangan tim desain Oppo, mereka bisa selalu menghadirkan perangkat yang memuaskan pelanggan.

"Smartphone, adalah karya seni portabel, bukan sekadar produk industri," kata Ann, menggaribawahi salah satu filosofi desain Oppo.

Ia mencontohkan desain Oppo R5, yang memiliki lampu menyala di bagian bawah. "Hasilnya, seperti cahaya yang bernafas. Seakan-akan matahari sedang terbit di cakrawala. Sangat romantis," kata Li.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com